visitaaponce.com

Pemerintah Pastikan Program Pelataran Bermanfaat bagi Warga Pekanbaru

Pemerintah Pastikan Program Pelataran Bermanfaat bagi Warga Pekanbaru
Wamen ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni (kedua kiri) meninjau program pelayanan tanah akhir pekan (pelataran) di Kantah Kota Pekanbaru.(Ist)

WAKIL Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) Raja Juli Antoni mengunjungi Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Pekanbaru, Riau.

Dalam kunjungannya pada Sabtu (5/8) lalu, ia didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Riau Asnawati.

Setibanya di Kantah Kota Pekanbaru, Raja Juli Antoni meninjau jalannya program pelayanan tanah akhir pekan (Pelataran).

Baca juga: LPBI NU DKI Bedah Aturan Zona Bebas Air Tanah

Ia ingin memastikan program tersebut benar-benar bermanfaat bagi warga yang tidak bisa mengurus administrasi pertanahannya di hari kerja pada umumnya yaitu Senin-Jumat.

Selanjutnya, Wamen ATR/Waka BPN menyerahkan delapan sertifikat hak atas tanah masyarakat dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

"Banyak orang di luar sana masih meragukan program PTSL ini. Padahal ujungnya, sertifikat itu mengungkit kenaikan ekonomi kita."

"Tercatat, nilai pertumbuhan ekonomi sejak PTSL digagas Pak Jokowi pada 2017 sekitar Rp5.574 triliun," ucap dia, melalui siaran persnya yang diterima, Senin (7/8).

Raja Juli Antoni menjelaskan, jika tanah tidak disertifikatkan, tanah tersebut akan menjadi tanah tidur dan tak produktif. "Namun, setelah disertifikasi maka akan banyak manfaat yang bisa diterima masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Pemalangan Tanah Adat di Papua Harus Diatasi dengan Persuasi

Wamen ATR/Waka BPN juga menyerahkan tiga sertifikat tanah wakaf kepada dua penerima.

"Pak Jokowi, memiliki komitmen sangat kuat untuk memberikan kepastian tanah umat. Tercatat sejak 1977 ketika PP tentang tanah wakaf hadir, sampai 2022 terbit 226.820 sertifikat wakaf, sedangkan di masa kepemimpinan Pak Jokowi telah terbit 127.627 sertifikat."

"Artinya, Pak Jokowi telah berkontribusi sebanyak 56% dengan jangka waktu delapan tahun," jelasnya.

Dalam kegiatan penyerahan sertifikat itu juga dihadiri jajaran Kanwil BPN Provinsi Riau dan seluruh Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi Riau. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat