visitaaponce.com

Bersama HaloPuan, Kaum Ibu di Desa Pesarean Beraksi Melawan Stunting

Bersama HaloPuan, Kaum Ibu di Desa Pesarean Beraksi Melawan Stunting
HaloPuan bersama Anggota DPR Fraksi PDIP Dapil Jateng IX Dewi Aryani menggelar kegiatan melawan stunting di Desa Pesarean, Tegal, Jateng.(Ist)

SEBUAH langkah besar diambil oleh 194 kaum perempuan di Desa Pesarean, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dalam perjuangan melawan stunting atau tengkes.

Kaum perempuan yang terdiri dari ibu hamil, ibu menyusui, pasangan usia subur, dan kader posyandu berkumpul dalam kegiatan Kaum ibu melawan stunting: Mengolah daun kelor menjadi asupan super.

Kegiatan yang digelar pada Kamis (10/8) itu diselenggarakan HaloPuan, lembaga sosial Ketua DPR RI Puan Maharani, bersama Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Dapil Jawa Tengah IX (Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Kabupaten Brebes) Dewi Aryani.

Baca juga: Stunting Harus Dicegah Sebelum Anak Berusia 2 Tahun

Desa Pesarean diketahui sebagai salah satu daerah dengan angka stunting cukup tinggi di Kecamatan Adiwerna, Tegal, Jateng.

Kepala Puskesmas Adiwerna Drg Dian Wardaningrum optimistis atas penurunan angka stunting di Kabupaten Tegal dari 22,3% menjadi 17%. Namun, ia mengingatkan betapa pentingnya warga menjaga keseimbangan gizi, terutama bagi ibu hamil dan anak di bawah dua tahun.

Pada kesempatan itu, tim HaloPuan menyampaikan sosialisasi manfaat daun kelor. Mereka menjelaskan daun kelor yang dijadikan bubuk kaya mikronutrisi, jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan secara rutin oleh ibu dan balita meski dalam jumlah kecil. 

Misalnya, daun kelor kaya zat besi (25 kali lebih banyak daripada bayam) sehingga mampu mencegah kondisi kekurangan darah pada ibu hamil dan menyusui serta mampu meningkatkan produksi ASI (air susu ibu).

Daun kelor juga kaya vitamin C yang diperlukan terutama bagi daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.

Baca juga: Yuk Kenali Penyebab Stunting pada Anak dan Cara Mencegahnya

Tim HaloPuan juga mengatakan pemanfaatan bubuk daun kelor untuk mengatasi stunting telah dilakukan di Flores Timur dengan hasil baik, yakni mampu menurunkan angka stunting dari 40% ke 20%.

Leny Marini, dari tim Dewi Aryani, turut memperagakan cara mengolah bubuk daun kelor jadi berbagai menu makanan, seperti pukis, puding, dan bakso.

Acara kemudian ditutup dengan pembagian paket makanan tambahan (PMT) kepada kaum ibu dan perempuan peserta kegiatan. Setiap paket berisi 6 butir telur dan biskuit untuk ibu hamil dan balita dari Dewi Aryani, serta 400 gram bubuk daun kelor dari Puan Maharani.

Kepala Desa Pesarean Sujono berterima kasih kepada tim HaloPuan dan Dewi Aryani. “Kami berterima kasih kepada tim HaloPuan dan Ibu Dewi Aryani yang bersedia datang ke desa kami, untuk anak-anak kami calon penerus bangsa di masa depan,” katanya.

Baca juga: Kompleksitas Problem Stunting

Koordinator HaloPuan Poppy Astari menekankan visi HaloPuan dalam melawan stunting.

Menurutnya, Ketua DPR RI Puan Maharani sangat memperhatikan generasi penerus bangsa. Di Indonesia, angka stunting masih cukup tinggi, masih di atas angka rata-rata dunia sebesar 20%.

Seharusnya, Indonesia bisa zero stunting, alias tidak ada lagi stunting karena stunting bukan soal fisik yang kurang tetapi juga mempengaruhi perkembangan kognisi anak-anak.

“HaloPuan sudah bergerak di lebih dari 30 titik lokasi di Jawa Barat dan Jawa Tengah dalam menyosialisasikan pencegahan stunting dengan pemanfaatan daun kelor,” tutup Poppy.

Sementara itu, Dewi Aryani, menyoroti pentingnya pola makan sehat. “Orang Tegal itu pasti kalau makan ada gorengannya. Kebiasaan ini boleh saja, tapi porsinya yang harus kita perhatikan,” tuturnya.

Ia juga memaparkan kondisi Desa Pesarean yang termasuk salah satu desa inkusif di Kabupaten Tegal.

“Masih banyak masalah kesehatan ibu dan anak di sini. Tak hanya stunting yang tinggi di Pasarean, tapi juga kondisi air tanah yang buruk karena mengandung limbah B3," pungkas Dewi. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat