visitaaponce.com

Heboh Temuan Granat Aktif dan Puluhan Peluru di Rumah Warga Sukoharjo

Heboh! Temuan Granat Aktif dan Puluhan Peluru di Rumah Warga Sukoharjo
Ilustrasi granat(Antara)

GRANAT aktif dan puluhan butir peluru ditemukan di rumah warga di Tegal Rejo RT 002/RW 007, Desa Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin, 14 Agustus 2023.

Temuan granat dan puluhan peluru aktif tersebut kemudian dimusnahkan m di Alas Karet, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Selasa, 15 Agustus 2023.
 
Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit mengatakan, granat dan puluhan peluru aktif tersebut milik pejuang kemerdekaan RI. Demi keamanan warga, granat tersebut dimusnahkan di lahan kosong.
 
"Granat aktif dibawa ke Alas Karet, Polokarto yang tidak ada orang dengan radius lima kilometer untuk di disposal atau diledakkan. Tentunya dengan standar operasional yang sudah ditetapkan," ujarnya, di Sukoharjo.

Menurutnya, temuan granat aktif tersebut berawal dari laporan warga pemilik rumah pada petugas kepolisian terdekat. Penemu merupakan anak keturunan pejuang pemilik granat tersebut.
 

"Warga yang menemukan takut, kemudian melapor pada petugas. Kalau tidak dilaporkan (bahaya) dentumannya besar. Anehnya, granat yang sudah puluhan tahun tersimpan itu masih aktif. Kalau tidak laporan tahu-tahu meledak korbannya akan banyak," beber dia.
 
Terkait temuan tersebut, pihaknya mengapresiasi warga yang telah melapor. Karena tidak sedikit warga yang memilih untuk mengkeramatkan benda-benda tersebut hingga diberikan sesajen dan lainnya.
 
"Padahal jika salah penanganan hal itu akan mengakibatkan kecelakaan fatal," jelasnya. (Medcom.id/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat