visitaaponce.com

Kementan Dorong Regenerasi Petani di Kalimantan Selatan

Kementan Dorong Regenerasi Petani di Kalimantan Selatan
PPIU Kalsel Program YESS bersama para penerima manfaat program YESS Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penandatanganan PKS(dok ist)

KEMENTERIAN Pertanian RI berkomitmen untuk terus memfasilitasi generasi milenial terjun menjadi petani dan berwirausaha pertanian. Hal tersebut sesuai dengan arahan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo yang meminta generasi muda dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian.

Mentan optimistis kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern. “Dan hal tersebut harus didukung oleh kapasitas SDM Pertanian yang profesional, mandiri dan berdaya saing,” ujar Mentan Syahrul.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengungkapkan harapannya melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Service (YESS) akan terwujud regenerasi pertanian, meningkatnya kompetensi SDM dari perdesaan dan meningkatnya jumlah wirausaha muda di bidang pertanian.

"Sekali lagi, pembangunan pertanian kita ke depan ada di genggaman kalian. Milenial harus berkemampuan dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi, maka pertanian ada di genggaman tangan kita," katanya.

baca juga: Pertanian Cerdas Iklim Bisa Hemat Air dan Tingkatkan Produktivitas

Unit Pelaksana Teknis  Kementan, Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru sebagai Project Manager Provincial Project Implementation Unit (PPIU) di Provinsi Kalimantan Selatan [Kalsel] memastikan Program YESS berjalan baik dan lancar, salah satunya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk itu, PPIU Kalsel Program YESS bersama para penerima manfaat program YESS di Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS), Selasa (15/8) bertempat di aula Dinas Pertanian Pemkab Tanah Bumbu. Kegiatan tersebut dihadiri Project Manager Program YESS Kalsel, Kepala Dinas Pertanian Kab. Tanah Bumbu, Tim Swakelola dari District Implementation Team Tanah Bumbu dan Penerima Manfaat  Program YESS.

Project Manager Program YESS Kalsel, Angga Tri AP mengatakan bahwa penandatanganan PKS sebagai bentuk komitmen PPIU Kalsel dengan Penerima Manfaat Program YESS di Tanah Bumbu selama program berlangsung.

"Untuk Kabupaten Tanah Bumbu, total 31 orang penerima manfaat, yang mereka dapatkan setelah melalui proses pengajuan proposal bisnis dan tahap verifikasi yang meliputi verifikasi proposal dan verifikasi lapangan," kata Angga Tri.

Harapannya para penerima manfaat dapat berkembang pesat sehingga dapat menjadi influencer bagi pemuda Tanah Bumbu agar tergerak terjun ke sektor pertanian.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Agus Dwi Wahyon0 mewakili Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu mengharapkan para penerima manfaat dapat meningkatkan skala usahanya dan meningkatkan taraf perekonomian.

"Kami dari dinas mengharapkan para penerima manfaat dapat meningkatkan taraf perekonomian dan skala usahanya," kata Agus,

Ia juga ingin pemuda di Tanah Bumbu bisa membuktikan mampu mengembangkan dan memberdayakan dana tersebut hingga berhasil. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat