visitaaponce.com

Banjir Tanah Bumbu Berangsur Surut

Banjir Tanah Bumbu Berangsur Surut
BPBD mengungkapkan banjir yang merendam sejumlah kawasan di Kabupaten Tanah Bumbu yang sepekan terakhir mulai surut.(BPBD)

BENCANA banjir yang melanda delapan kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan, Selatan, sejak sepekan terakhir berangsur surut. Ratusan warga masih tinggal di lokasi pengungsian.

"Sejumlah daerah sudah kondusif, ketinggian air mulai menurun. Namun banjir yang terjadi sejak Selasa pekan lalu masih berlangsung," kata Sulhadi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, dalam laporan kebencanaannya, Senin (10/6).

Tercatat bencana banjir di Kabupaten Tanah Bumbu melanda 39 desa pada delapan kecamatan yaitu Karang Bintang, Kuranji, Batulicin,  Sungai Loban, Kusan Hulu, Teluk Kepayang, Satui dan Kusan Tengah. Sementara jumlah warga terdampak banjir mencapai 5.545 keluarga atau 19.241 jiwa.

Baca juga : Banjir Tanah Bumbu Meluas

Lebih dari 300 orang warga masih tinggal di pengungsian di sejumlah lokasi, akibat ketinggian banjir masih tinggi merendami rumah mereka. Daerah terparah dilanda banjir saat ini Kecamatan Satui meski ketinggian banjir menurun dan Kusan Tengah yang justru meninggi mencapai lebih satu meter.

Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah mengatakan pihak melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kalsel bersama lintas instansi terus membantu penanganan bencana banjir di lapangan. 

"Perhatian kita saat ini pada Kecamatan Kusan Tengah dimana ketinggian air terus meningkat  seperti di Desa Karya Bakti, Tanjung Serang, dan Salimuran," ujarnya.

Selain logistik tanggap darurat, kata Suria, mereka juga memperhatikan ancaman kesehatan terhadap warga terdampak bencana karena banjir yang berlangsung cukup lama. Serta ancaman binatang melata yang dapat saja muncul akibat banjir.

Pada bagian lain banjir juga melanda sejumlah kecamatan di Kabupaten Banjar seperti Kecamatan Pengaron, Pekauman, Martapura, dan Martapura Kota meski ketinggian banjir yang merendami areal permukiman warga kurang dari setengah meter. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat