visitaaponce.com

Banjir Tanah Bumbu Meluas

Banjir Tanah Bumbu Meluas
Di Kabupaten Tanah Bumbu, banjir yang melanda wilayah hulu Kecamatan Mantewe meluas ke bagian hilir di Kecamatan Karang Bintang.(MI/Denny Susanto)

CUACA buruk yang terus terjadi menyebabkan sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membuat sejumlah kawasan mengalami banjir. Di Kabupaten Tanah Bumbu, banjir yang melanda wilayah hulu Kecamatan Mantewe meluas ke bagian hilir di Kecamatan Karang Bintang.

"Banjir terjadi sejak Jumat (2/2) merupakan banjir kiriman dari Sungai Mantewe yang meluap beberapa waktu lalu. Ada tiga desa di Kecamatan Karang Bintang terendam banjir saat ini," tutur Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah, Minggu (4/2).

Tercatat tiga desa di Kecamatan Karang Bintang yaitu Desa Selaseliau, Desa Bintang Makmur dan Desa Karang Bintang terendam banjir mencapai 1,5 meter. Puluhan keluarga harus dievakuasi dan mengungsi ke lokasi lebih aman. Total jumlah warga terdampak banjir sebanyak 256 keluarga.

Baca juga : Banjir Meluas Rendam Puluhan Hektare Tanaman Padi di Hulu Sungai Utara

Sebelumnya banjir lebih dulu melanda wilayah Desa Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe, dimana sebanyak 46 keluarga atau 180 warga sempat terjebak banjir. "Banjir berangsur surut karena luapan sungai turun ke wilayah lebih rendah," kata Suria.

Sementara longsor di kawasan kaki pegunungan Meratus yang menyebabkan ruas jalan trans Kandangan - Batulicin penghubung Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Tanah Bumbu yang sempat terputus telah berhasil dibuka. Longsor terjadi pada Rabu (31/1) petang di dua lokasi, tepatnya di Desa Gunung Raya Km 66 dan Km 72, Kecamatan Mantewe.

Pada bagian lain, Kepala BPBD Banjar, Warsita menyebut Sungai Martapura mulai meluap dan merendami areal permukiman penduduk di daratan rendah di Teluk Selonng Ulu dan Pekauman, wilayah Martapura, Kabupaten Banjar. Di Barito Kuala, Banjir yang melanda wilayah kawasan rawa di Kecamatan Kuripan dan Tabukan sejak dua pekan terakhir masih berlangsung. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat