visitaaponce.com

Lagi Gempa Berkekuatan Rendah Guncang Kalsel

Lagi Gempa Berkekuatan Rendah Guncang Kalsel
Gempa tektonik bermagnitudo rendah kembali mengguncang Kalimantan Selatan, memicu BPBD Kalsel untuk terus melakukan sosialisasi mitigasi(BMKG)

GEMPA tektonik bermagnitudo rendah kembali mengguncang wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel terus melakukan sosialisasi mitigasi gempa kepada masyarakat luas.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD dan BMKG Kalsel, gempa tektonik bermagnitudo 3,0 SR terjadi pada Jumat (19/4) petang sekitar pukul 15.54 wita. Lokasi gempa berada di 65 kilometer tenggara Kabupaten Tanah Bumbu Kalsel dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini tidak berpotensi tsunami. 

"Ini merupakan kejadian gempa kesekian kalinya di Kalsel. Ini menunjukkan wilayah Kalsel dan pulau Kalimantan tidak aman dari gempa, meski hanya berkekuatan rendah," kata Kabid Kesiapsiagaan dan Pencegahan Bencana BPBD Kalsel, Bambang Dedi Mulyadi, Sabtu (20/4).

Baca juga : Tanah Bumbu Dilanda Gempa M 7,4, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan

Menurut Bambang, pihaknya terus melakukan kegiatan sosialisasi sosialisasi mitigasi gempa kepada masyarakat luas. Melalui sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat memahami bagaimana melakukan upaya evakuasi mandiri dan penyelamatan pertama apabila bencana gempa bumi terjadi.

Setelah melakukan sosialisasi mitigasi gempa di kalangan pelajar di berbagai jenjang sekolah, BPBD Kalsel  juga melakukan sosialisasi bagi pengelola atau pekerja di gedung bertingkat seperti perkantoran, perbankan, hotel, mall baik yang ada di Banjarbaru maupun Banjarmasin. 

"Diharapkan dengan masifnya sosialisasi tersebut dapat mengurangi dampak korban jiwa apabila gempa terjadi," ujarnya.

Tercatat sepanjang 2024 telah terjadi 10 kali gempa bumi dalam skala kecil di Kalsel. BPBD Kalsel telah mengaktifkan sistem peringatan dini bencana secara berjenjang hingga tingkat desa. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat