visitaaponce.com

Tanah Bumbu Dilanda Gempa M 7,4, BPBD Belum Ada Laporan Kerusakan

Tanah Bumbu Dilanda Gempa M 7,4, BPBD: Belum Ada Laporan Kerusakan
Ilustrasi(MI)

Gempa bumi berkekuatan 7,4 magnitudo yang mengguncang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Selasa (29/8) dini hari. Meski memiliki kekuatan relatif besar, gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan signifikan. 

Kepala BPBD Kotabaru Hendra Indrayana mengatakan, berdasarkan laporan di lapangan, gempa Tanah Bumbu tidak menimbulkan kerusakan infrastruktur maupun korban jiwa.

"Sejauh ini aman. Kami masih terus melakukan pendataan di lapangan," ujar Hendra di Kalimantan Selatan, Selasa (29/8).

Baca juga: Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Tanah Bumbu Kalimantan Selatan

Mayoritas warga di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru juga tidak menyadari ada guncangan yang terjadi. Chandra, Manager Hotel Ebony yang berlokasi di Batulicin, Tanah Bumbu, menyebut tidak banyak pengunjung hotel yang berlarian ke luar gedung.

"Sebagian besar warga di Tanah Bumbu tidak menyadari terjadi gempa karena terjadi pada dini hari (subuh). Sejauh ini tidak ada bangunan terdampak gempa," tuturnya.

Baca juga: Waspada Dampak Siklon Tropis Saola

Adapun, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotabaru, Sugianor, mengungkapkan, saat kejadian, getaran gempa cukup terasa. Namun, banyak warga yang memang tidak menyadari itu. 

Sebagaimana diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan berkekuatan magnitudo 7,4. Pusat gempa berada di perairan Selatan Kalimantan di kedalaman 10 Km.

Gempa terjadi pukul 03:55 wita, di koordinat 4.38 LS 116.9 BT Tenggara Tanah Bumbu. Namun BMKG menyatakan gempa Tanah Bumbu tidak berpotensi tsunami. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat