visitaaponce.com

Kementan Dukung Anak Muda Jadi Petani dan Wirausaha Pertanian

Kementan Dukung Anak Muda Jadi Petani dan Wirausaha Pertanian
Kepala SMKPPN Banjarbaru, Budi Santoso (ke-2 kiri) menjelaskan Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Proposal bagi siswa peserta PWMP 2023.(dok ist)

KEMENTERIAN Pertanian RI melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) bersama International Fund for Agricultural Development (IFAD) gencar melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.  

"Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini," jelas Mentan Syahrul dalam keterangannya, Selasa (22/8).

Sementara, Dedi Nursyamsi selaku Kepala BPPSDMP Kementan, menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan program YESS adalah meningkatkan kapasitas pemuda di perdesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian.

"Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda-pemudi harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," kata Dedi.

Upaya untuk mewujudkan pertanian, Kementan terus mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Salah satunya melalui program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian (PWMP). Kementan tidak pernah berhenti berupaya menghadirkan banyak petani milenial.

Program PWMP merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam Program YESS yang dijalankan di 4 provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan.

SMKPP Negeri Banjarbaru sebagai salah satu pelaksana Program YESS atau Provincial Project Implementation Unit (PPIU) di Kalimantan Selatan kembali menggelar peningkatan pengetahuan dan kapasitas siswa SMK-PP Negeri Banjarbaru dalam kegiatan Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian 2023.

baca juga: Kementan Bekali Mahasiswa Polbangtan Sertifikasi Kompetensi untuk Cetak SDM Unggul

Kali ini SMK-PP Negeri Banjarbaru menggelar Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Proposal bagi siswa peserta PWMP 2023 dengan jumlah peserta 40 siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2023/2024, yang dimulai sejak Jumat, (18/8).

Hadir dan membuka kegiatan, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso menyampaikan berharap dari program PWMP ini kelak dapat mencetak para peserta menjadi wirausahawan yang sukses, kreatif, berdaya saing dan mengadopsi teknologi.

"Selamat kepada para peserta yang terpilih untuk mengikuti program PWMP Program YESS. Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan inspirasi dan wawasan lebih kepada para peserta mengenai potensi dan peluang yang ada dalam dunia wirausaha pertanian," ujar Budi.

Project Manager PPIU Kalsel, Angga Tri Aditia Permana menambahkan semangat yang kuat merupakan kunci untuk meraih kesuksesan dalam dunia wirausaha.

"Kami mengajak para siswa-siswi SMK-PP Negeri Banjarbaru untuk melihat tantangan berwirausaha sebagai peluang untuk belajar dan berkembang. Penting mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menghadapi tantangan di sektor pertanian," ujarnya. (N-1)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat