visitaaponce.com

Akhirnya Salmon Bisa Sekolah Lagi

Akhirnya Salmon Bisa Sekolah Lagi
Salmon YI Tepmul (kedua dari kanan) berbincang dengan guru-gurunya di SDN Holtekamp di Jayapura, Papua.(DOK IST)

SALMON YI Tepmul akhirnya bisa kembali mengenyam ilmu setelah dua tahun terakhir putus sekolah. Bocah kelas 4 SDN Holtekamp di Jayapura, Papua, itu adalah korban Kerusuhan Kiwirok pada 2021.

Tragedi tersebut membuat Salmon yang saat itu masih kelas 3 SD, tidak bisa lagi sekolah karena harus mengungsi. Kampungnya dibakar oleh kelompok kriminal bersenjata.

Salmon mengatakan dia dan keluarganya memutuskan untuk hijrah ke Oksibil dengan jalan kaki. Perjalanan ditempuh dua hari dua malam. Lalu dia ke Jayapura bersama ibu angkatnya, Rounne Vallery Walea.

Baca juga: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang Seru!

Rounne berinisiatif untuk menyekolahkan Salmon, namun tidak bisa. “Sa pu rapor terbakar (rapor saya terbakar). Jadi sekolah di sini tra mau terima saya (sekolah di Jayapula tidak mau terima saya),” kata Salmon.

Tapi, Dewi Fortuna menyambangi Salmon. Awal bulan ini, dia bertemu dengan seorang anggota TNI dari Kodam XVII/Cenderawasih. Kebetulan dia berjumla dengan Salmon saat sedang istirahat di kios milik Rounne.

Dari momen itu lah sang prajurit mengetahui Salmon putus sekolah. Tidak butuh waktu lama, dia berkoordinasi dengan Kepala SDN Holtekamp untuk menjelaskan keadaan Salmon.

Baca juga: Pemerintah Daerah Harus Mampu Ciptakan Kedaulatan Pendidikan

Setelah resmi menjadi siswa SDN Holtekamp, Salmon kembali belajar bersama teman-teman barunya. Bahkan dia diberi pelajaran tambahan selama satu jam setiap hari untuk mengejar materi yang ketinggalan agar bisa menyesuaikan dengan teman-temannya. Sang prajurit pun memberikan bantuan berupa perlengkapan alat tulis dan seragam serta bantuan lainnya. 

Kini, baik Rounne dan guru-guru di SDN Holtekamp berharap banyak masyarakat lain yang juga bisa membantu anak-anak korban kekerasan KKB agar bisa seperti Salmon lagi. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat