visitaaponce.com

Kebakaran Lahan di Desa Tanjung Seteko Berhasil Dipadamkan

Kebakaran Lahan di Desa Tanjung Seteko Berhasil Dipadamkan
Personil Manggala Agni Daops Sum-XIV/Banyuasin dibantu TNI dan Polri berupaya memadamkan kebakaran lahan di Desa Tanjung Seteko.(MI/Dwi)

LAHAN seluas 10 hektaredi Desa Tanjung Seteko, Kecamatan Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir yang terbakar sudah berhasil dipadamkan. Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatra Ferdian Kristianto mengatakan, kebakaran terjadi sejak Minggu (27/8).

"Setelah mendapati adanya informasi kebakaran lahan di Desa Tanjung Seteko, personil Manggala Agni bersama BPBD Ogan Ilir dan TNI/Polri langsung berupaya memadamkan api. Dan alhamdulillah saat ini api sudah padam," kata dia, Senin (28/8).

Meski api sudah padam, tim di lapangan masih berupaya melakukan pendinginan di lokasi tersebut. Patroli juga dilakukan memastikan api tak lagi timbul.

Baca juga: Karhutla di Kalsel dan Kalteng Masih Terjadi, Pemadaman belum Berhasil Dilakukan

"Kebakaran lahan luasannya sekitar 10 hektare. Tim darat sampai tadi malam memadamkan api di lokasi tersebut. Beruntung lokasi yang terbakar adalah lahan mineral, sehingga pemadaman api difokuskan pada permukaan yang merupakan area tanaman gelam milik masyarakat yang tidak dimanfaatkan," jelasnya.

Tak hanya di Desa Tanjung Seteko, personil Manggala Agni juga berhasil memadamkan kebakaran lahan seluas satu hektare di Dusun 8 Desa Muara Medak, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin.

Baca juga: Kesulitan Air Bersih dan Karhutla Melanda Pantura Barat Jateng

"Pemadaman bisa dilakukan dengan cepat karena akses menuju lokasi kebakaran bisa dengan berjalan kaki sekitar 500 meter," jelasnya.

Ia menerangkan lokasi kebakaran merupakan lahan tidur dengan vegetasi semak belukar dan tumbuhan resam, dengan jenis tanah bergambut. "Di dekat lokasi terbakar itu ada kanal yang masih terisi dengan air, sehingga mempermudah tim di lapangan untuk memadamkan kebakaran lahan. Kita memang harus bergerak cepat karena lokasi terbakar berada di lahan gambut," jelasnya.

Pihaknya pun telah melakukan mopping up dengan menyisir sisa-sisa potensi di lahan tersebut supaya padam total. (Z-3)


 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat