visitaaponce.com

Jadi Tujuan Delegasi KTT ASEAN, Ini Keunikan Geopark Belitung

Jadi Tujuan Delegasi KTT ASEAN, Ini Keunikan Geopark Belitung
Pulau Belitung(Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno merekomendasikan Belitung sebagai destinasi untuk post event trip bagi delegasi KTT ASEAN ke-43.

Menurut Sandiaga, Belitung memiliki destinasi wisata yang indah dan kualitas udara yang bagus. Hal itu dikemukakannya saat acara World Tourism Day Golf Geopark Challenge, di Black Rock Golf Club, Tanjungpandan, Sabtu (2/9).

“Salah satu yang saya rekomendasikan untuk post event trip adalah Belitung,” kata Menparekraf Sandiaga dalam pernyataan resminya.

Baca juga : Didukung Swasta, Kemenparekraf Dorong Wisata Cagar Budaya di Belitung

Belitung dikenal sebagai destinasi wisata geopark, yang sukses mengantongi gelar sebagai Global Geopark sebab dinilai memiliki keberagaman geologis, seperti lanskap alam, bebatuan, mineral, proses geologis dan tektonik, serta evolusi bumi yang telah terjadi di Belitung. Daya tarik lainnya, Belitung memiliki perpaduan budaya, biologis, dan geografis yang saling berkaitan.

Tak hanya itu, beraneka ragam fauna dan flora unik hidup di Pulau Belitung, di antaranya ikan toman, ikan hampala, tarsius, hingga tumbuhan herbal yang masih dilestarikan oleh penduduk lokal.

Lebih lanjut, Menparekraf berharap pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN yang akan berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023, dapat berjalan sukses sehingga mendorong pergerakkan ekonomi.

Baca juga : Visit Year Indonesia, Malaysia, Thailand Growth Triangle 2023-2025 Diluncurkan

“Semua kementerian termasuk ESDM akan terlibat dalam  KTT ke-43 ASEAN ini  yang tinggal 3 hari lagi. Ini ada 24 kepala negara yang akan hadir. Mohon doanya, karena  kita ingin kelanjutan dari suksesnya kita menyelenggarakan KTT G20. Kita harapkan ada peningkatan dari perekonomian termasuk keterisian tingkat hunian kamar yang sudah mencapai angka di atas 60%,” kata Menparekraf. 

 

9 Destinasi wisata unggulan Belitung

Dikutip dari laman Indonesia.travel, Belitung terkenal dengan pantainya yang masih asli, air yang biru, dan struktur batuan granit yang masih alami. Tidak heran jika Pulau Belitung jadi tujuan wisata pulau yang populer di Indonesia dengan sejumlah spot wisata berikut ini :

Baca juga : Jaga Pasokan Listrik, PLN Dukung Kesuksesan Gelaran JPJR 2023 di Belitung Timur

1. Tanjung Kelayang

Hamparan pantai berpasir putih yang memikat dihiasi dengan bongkahan batu besar yang menjadi ikon dari Pulau Belitung ada di Tanjung Kelayang. Salah satu destinasi wisata prioritas Indonesia ini sangat terkenal dengan garis pantainya yang panjang dan perairannya yang tenang, sehingga sangat cocok untuk aktivitas berenang, snorkeling, kayak, dan olahraga lainnya.

2. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas merupakan salah satu destinasi paling terkenal di Belitung. Di sini, terdapat sebuah mercusuar setinggi 313 tangga yang dibangun ratusan tahun yang lalu.

3. Batu Berlayar

Pulau Batu Berlayar merupakan sebuah pulau kecil berpantai dan terdiri dari struktur bebatuan granit berukuran besar. Daya tarik tempat wisata ini tentu saja ada pada pemandangan batu granitnya. Saat air laut sedang pasang, seluruh permukaan pulau tersebut akan digenangi oleh air laut, sehingga batu-batu granitnya akan terlihat seperti sedang berlayar.

Baca juga : Menparekraf Jadikan Belitung Sebagai Destinasi Post Event Trip Delegasi KTT ke-43 ASEAN

4. Tanjung Tinggi

Tanjung Tinggi adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Pasalnya, Pantai Tanjung Tinggi punya riak ombak yang tenang dan sangat cocok untuk berenang, snorkeling, dan bersantai di tepi pantai.

Di sepanjang tepi pantai juga terdapat beberapa hotel dengan pemandangan pantai yang luar biasa indah yang bisa disaksikan langsung dari jendela kamarnya.

5. Pulau Burung

Disebut Pulau Burung, sebab struktur batuan granitnya menjulang tinggi dan berbentuk menyerupai kepala burung. Dengan nuansa pantai yang tenang, air laut yang jernih, dan hamparan pasir berwarna putih yang memikat, Pulau Burung jadi tempat yang instagramable untuk berburu foto.

Baca juga : Sensasi Baru Menikmati Keindahan Bawah Laut Belitung

6. Museum Kata

Ini merupakan destinasi baru yang kerap diburu wisatawan, setelah kesuksesan novel dan film Laskar Pelangi. Sang novelis Andrea Hirata membuka museum sastra pertama di Indonesia bernama Museum Kata.

Museum ini berisi mengenai perjalanan sastra, lukisan kontemporer, serta pernak-pernik khas Belitung. Bangunannya dibalut dengan warna-warna cerah, sehingga terlihat ceria dan sangat instagramable.

7. Tugu Satam

Tugu Satam terletak di pusat kota Tanjung Pandang, di simpang lima yang bentuknya menyerupai batu berwarna hitam di atasnya. Satam merujuk kepada sejenis batu berwarna hitam yang bisa ditemukan di Belitung.

Baca juga : Menparekraf Sandiaga: Labuan Bajo Siap Sambut G20 dan ASEAN Summit 2023

8. Danau Kaolin

Danau Kaolin dulunya adalah bekas area pertambangan yang terbengkalai, namun saat ini justru menjelma menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Pulau Belitung.

9. Kota Manggar

Saat tiba di Kota Manggar, jangan lupa kuliner yang paling melegenda dari Belitung, yakni kopi manggar. Manggar sendiri merupakan sebuah kota kecil di Belitung yang terkenal dengan budaya ngopinya.

Di sepanjang jalan, pengunjung akan mendapati banyak sekali warung kopi saat berada di kota ini. Itulah mengapa, Manggar kerap disebut sebagai kota 1001 warung kopi. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat