visitaaponce.com

Hutan dan Lahan di Kalimantan Selatan Terus Terbakar

Hutan dan Lahan di Kalimantan Selatan Terus Terbakar
Satgas Karhutla telah menggelar 1.136 kali operasi untuk menangani kebakaran yang mencapai 3.080 hektare lahan dan hutan.(MI/Denny)

KAWASAN hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Selatan terus terbakar, seiring kondisi kemarau dan udara yang kering akibat pengaruh El Nino. Hingga kini Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) darat dan udara Kasel telah menggelar 1.136 kali operasi pemadaman kebakaran dengan luas hutan dan lahan yang ditangani mencapai 3.080 hektare lebih.

"Karhutla terus terjadi. Satgas Karhutla telah melakukan operasi pemadaman lebih 1.000 kali di lapangan," ungkap Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, Ricky Ferdiyanto, Jumat (15/9).

Menurut catatan Pusdalops BPBD Kalsel, luas kawasan hutan dan lahan terbakar yang berhasil ditangani seluas 3.080 hektare lebih dan 184,4 hektare di antaranya berada dalam kawasan hutan. Sementara luas Karhutla sendiri diperkirakan lebih dari 8.000 hektare.

Baca juga: Okupansi Hotel Anjlok 80% Setelah Kebakaran di Bukit Teletubbies Bromo

Jumlah titik api yang terpantau muncul di wilayah Kalsel mencapai 16.106 titik api. Adapun daerah terparah dilanda Karhutla yaitu Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tapin dan Hulu Sungai Selatan. Di Kota Banjarbaru, ibu kota Kalsel luas karhutla seluas 1.124 hektare dan menyebabkan wilayah tersebut diselimuti kabut asap sejak beberapa waktu terakhir.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menegaskan pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk penanganan Karhutla. Dirinya juga telah menginstruksikan agar operasi pemadaman karhutla lebih dioptimalkan dengan mendorong keterlibatan semua pihak. 

Baca juga: Ogan Komering Ilir Makin Membara, Modifikasi Cuaca Diintensifkan

"Kita berharap hujan segera turun agar karhutla dan kekeringan dapat segera teratasi," ujar Sahbirin di sela-sela kegiatan sholat minta hujan (istisqo) kemarin.

Pantauan Media Indonesia Karhutla terus terjadi di sejumlah wilayah Kalsel, termasuk kawasan lahan gambut di kawasan dekat bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru. Kebakaran juga telah menghanguskan sebagian tanaman penghijauan revolusi hijau (rehab DAS) di kawasan Tahura Sultan Adam dan daerah lain di Kalsel. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat