visitaaponce.com

Sandiaga Berikan Beasiswa Wirausaha di Acara Netas Sragen

Sandiaga Berikan Beasiswa Wirausaha di Acara 'Netas' Sragen
Menparekraf di acara Netas Sragen(Dok. Pribadi )

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berkolaborasi Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, hadir dalam acara 'Netas' Nemuin Komunitas di Sragen, Jawa Tengah.

Sandiaga berinteraksi dengan 55 komunitas, mulai dari UMKM, pelaku fesyen, dan banyak lainnya. Sandiaga juga memberikan beasiswa wirausaha untuk menandai semangat kebangkitan ekonomi di kalangan peserta.

Kebangkitan ekonomi untuk para komunitas adalah salah satu prioritas yang penting dalam memajukan perekonomian suatu daerah.

Baca juga : Ridwan Kamil Dampingi Ganjar Pranowo, ini Respons Sandiaga Uno 

Antusiasme peserta yang hadir, yang sebagian besar adalah ibu-ibumenandakan semangat yang luar biasa di kalangan pelaku ekonomi kreatif. 

Namun, tantangan-tantangan seperti pemasaran, desain kemasan, biaya pengiriman, promosi, dan peningkatan pemanfaatan teknologi masih menjadi batu loncatan yang perlu diatasi bersama.

Baca juga : Target 1,4 Miliar Wisatawan Diharapkan Tercapai saat Libur Nataru

Sandiaga menekankan pentingnya peran pemerintah yang bekerja sama dengan komunitas dan pemerintah daerah, dalam membantu para komunitas atau UMKM untuk menghadapi tantangan ini.

"Kita melihat antusiasme para UMKM yang di dominasi oleh emak-emak, ini menunjukan semangat dari UMKM ekonomi kreatif bangkit," ujar Sandiaga.

"Ini membutuhkan peran lebih dari pemerintah, salah satunya ada masalah pemasaran, kemasan, ongkos kirim, dan promosi, maupun peningkatan aplikasi. Semua akan kita tindak lanjuti bersama," lanjutnya

Di samping itu, Sandiaga  juga menyampaikan harapannya Komisi X DPR RI bisa menangkap aspirasi dan menuangkannya dalam bentuk pengawasan dan alokasi anggaran di masa depan.

"Ini bagian dari tugas kita, sesuai arahan Pak Presiden Jokowi untuk berada di tengah-tengah masyarakat dan menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan baru pada tahun 2024," kata Sandiaga. 

Adapun hadiah beasiswa wirausaha kepada peserta, beasiswa ini dapat membantu UMKM untuk mengembangkan usaha mereka, meningkatkan kualitas produk dan layanan, serta menciptakan lapangan kerja baru di daerah tersebut.

Ini merupakan upaya pemerintah dalam mendorong kebangkitan ekonomi UMKM, yang pada gilirannya akan berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di Sragen.

"Mudah-mudahan pemenang beasiswa bisa ditingkatkan sehingga bisa naik kelas dan berdaya saing," ungkap Sandiaga. 

Dalam upaya mencapai target 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024, Sandiaga Uno mengarahkan para wirausaha untuk terus berinovasi, beradaptasi, dan berkolaborasi. 

Dari informasi, sebanyak 55 komunitas yang hadir ada diantaranya yaitu Genpi, Gemawira, IPDA, SEEKER Revolution, Kubis, dan yang lainnya.(Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat