visitaaponce.com

Jalur Alternatif Puncak Bogor Harus Dilebarkan untuk Dukung Pariwisata

Jalur Alternatif Puncak Bogor Harus Dilebarkan untuk Dukung Pariwisata
Jalan Raya Puncak Bogor(Antara)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono menginstruksikan jajarannya untuk melakukan perbaikan dan pelebaran jalur alternatif Puncak, Jawa Barat. Langkah itu perlu dilakukan guna mendukung sektor pariwisata di kawasan tersebut.

"Jika ingin meningkatkan potensi wisata, jalannya juga harus lebih baik. Oleh karena itu harus dilebarkan dengan standar sekitar 5,5 hingga 6 meter," ujar Basuki melalui keterangan tertulis, Rabu (20/9).

Adapun perbaikan jalan daerah yang dimaksud yaitu ruas Sukamakmur-Sukawangi dan ruas Mengker Gunung Batu yang menjadi jalur alternatif wisatawan menuju Puncak, Bogor.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Puncak-Cianjur Perlu Kajian Mendalam

Kegiatan preservasi jalan Sukamakmur-Sukawangi sudah dilaksanakan sejak 30 Agustus 2023 dengan nilai kontrak Rp38,96 miliar. Konstruksinya dilaksanakan PT Hutama Prima dengan panjang penanganan 6,64 Km.

Sedangkan untuk ruas Mengker Gunung Batu, pengerjaan dilaksanakan oleh PT Bengkel Konstruksi Mandiri dengan nilai kontrak Rp14,94 miliar dengan panjang proyek 2,93 km.

Baca juga: Laksanakan Inpres 2023, Kementerian PUPR Perbaiki Jalur Alternatif Puncak Jabar

Upaya perbaikan jalan itu juga merupakan bagian dari implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

"Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) yang dilaksanakan di seluruh Indonesia sepanjang 2.800 km jalan raya dan 2.300 meter jembatan. Di Jawa Barat ada 15 ruas jalan yang dibangun, di antaranya ada di Kabupaten Bogor. Semua ditargetkan selesai pada Desember 2023 termasuk ruas jalan alternatif Puncak ini," jelas Basuki.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat