visitaaponce.com

Jalur Puncak II Belum Layak Dilintasi Mobil saat Arus Mudik Idul Fitri

Jalur Puncak II Belum Layak Dilintasi Mobil saat Arus Mudik Idul Fitri
Jalur Puncak II di wilayah Cianjur belum layak digunakan untuk arus mudik Lebaran(MI/BENNY BASTIANDY)

JALUR Puncak II yang berada di wilayah hukum Polres Cianjur, Jawa Barat, dinilai belum layak digunakan sebagai alternatif saat arus mudik maupun balik Idul Fitri 1445 Hijriah. Ada berbagai pertimbangan yang mendasar tidak direkomendasikannya jalur tersebut dilintasi kendaraan, terutama roda empat.

Kasatlantas Polres Cianjur Ajun Komisaris Anjar Maulana mengaku sudah
mengecek lokasi jalur Puncak II. Hasilnya, dia merekomendasikan tidak layak dilintasi mobil.

"Untuk jalur Puncak II, menurut penilaian kami itu tidak layak dijadikan alternatif mobil karena badan jalan sempit. Apabila berpapasan dua kendaraan dari arah berlawanan, salah satunya harus berhenti. Tapi kalau untuk sepeda motor bisa saja," kata Anjar, Minggu (31/3).

Baca juga : Perbaikan Titik Longsor, Jalur Puncak-Cianjur Ditutup Sementara

Pun soal sarana dan prasarana lalu lintas berupa rambu atau marka, menurut Anjar, masih minim. Penerangan yang selama ini ada terbantu
dari permukiman warga.

"Jalur Puncak II itu kan ada yang masuk wilayah Kabupaten Cianjur, ada juga yang masuk ke Kabupaten Bogor. Yang di Bogor itu di luar kewenangan kami. Tapi kalau yang masuk ke Cianjur, dari prasarana jalan umumnya masih sangat minim," tuturnya.

Karena itu, bagi pemudik yang mengarah ke Jakarta maupun sebaliknya, Anjar menyarankan menggunakan jalur alternatif lain. Di antaranya jalur Jonggol maupun Sukabumi yang cukup layak dilintasi kendaraan roda empat atau mobil.

"Tapi lebih baik lagi bisa menggunakan jalur alternatif ke Sukabumi karena nanti di sana sudah terhubung ke Jalan Tol Bocimi," ucap dia.

Satlantas Polres Cianjur sudah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memastikan ruas jalan kondisinya layak dilintasi para pemudik. Informasi dari BPJN, pekan ini kondisi ruas-ruas jalan nasional yang rusak dipastikan sudah selesai diperbaiki. "Mudah-mudahan bisa segera selesai," pungkasnya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sugeng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat