visitaaponce.com

Diskusi dengan BEM Nusantara, Ganjar Janji Bangun Layanan Mental Health

Diskusi dengan BEM Nusantara, Ganjar Janji Bangun Layanan Mental Health
Ganjar Pranowo berdialog dengan BEM Nusantara di Surabaya(Dok. PDIP )

ISU kesehatan mental atau mental health menjadi salah satu perhatian bacapres 2024 Ganjar Pranowo. Dalam beberapa kesempatan, Ganjar menyebut negara perlu hadir untuk mengurangi problem yang banyak diderita oleh kalangan anak muda itu.

Seperti saat berdiskusi dengan ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia yang tergabung dalam perwakilan BEM Nusantara di Universitas Dr Soetomo Surabaya, Sabtu (23/9). Ganjar memaparkan pentingnya negara menjadikan isu kesehatan mental dalam upaya mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Menghadapi bonus demografi, hal yang tidak boleh dilupakan adalah persoalan kesehatan mental. Ini persoalan yang sangat penting diselesaikan, tapi masih banyak yang belum peduli soal ini," kata Ganjar.

Baca juga : Masih Cari Pendamping Ganjar, PDIP Pertimbangkan Figur Religius

Padahal, lanjut dia, data menunjukkan jika 16,5 juta anak muda di Indonesia mengalami masalah mental. 2,45 juta lainnya bahkan sudah mengalami gangguan mental dan harus menjalani perawatan.

"Jangan salah lho, ini persoalan serius. Saya ketemu dengan anak-anak yang berpengalaman soal ini. Mereka cerita, banyak lho yang sampai bunuh diri, memakai narkoba dan lainnya," ucapnya.

Baca juga : Sahabat Ganjar Gelar Kegiatan Menanam Mangrove di Cilacap Utara

Untuk itu, Ganjar berjanji memperbanyak tempat layanan kesehatan mental di masyarakat.

Ganjar berkomitmen membangun pos-pos pelayanan konseling tentang kesehatan mental di banyak tempat. Seperti di kampus-kampus, Puskesmas hingga rumah sakit umum.

"Solusi yang kita berikan adalah dengan membuka pos konseling mental health di banyak tempat di Indonesia agar masyarakat mudah mengakses. Bisa di kampus, layanan kesehatan jiwa di Puskesmas hingga di seluruh rumah sakit umum," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat