visitaaponce.com

Kemendagri Gelar Pelatihan Program Penguatan Desa di Papua

Kemendagri Gelar Pelatihan Program Penguatan Desa di Papua
Kemendagri menggelar kegiatan pelatihan P3PD bagi kepala desa dan perangkat desa di Papua.(Ist)

PELATIHAN Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kepala desa beserta perangkat desa dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

Kegiatan pelatihan P3PD tahap pertama sudah dimulai pada 20- 28 September 2023 dengan pelatihan PAD (Penguatan Aparatur Desa ) untuk 14 kampung dengan jumlah 56 peserta di Kota Jayapura.

Sementara itu, sedangkan pelatihan P3PD untuk tahap kedua dimulai pada 22-28 September dibagi dalam 13 kelas, 97 kampung, dan 388 peserta dan terbagi di tiga lokasi yakni hotel di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom.

Baca juga: Bupati Klaten Lantik 67 Kades Hasil Pilkades Serentak Gelombang Pertama 2023

Kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur kampung melalui Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) resmi dibuka Dirjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putra secara vitual.

Salah satu narasumber dari DPMK (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung) dan OAP (Orang Asli Papua) Setda Provinsi Papua, Reiner Lewakabesi mengatakan bahwa materi yang disampaikan saat ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada aparatur desa dalam mengelola RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) dan RAB (Rencana Anggaran Biaya) kampung.

Berlatih Membuat RPJM

“Di mana dalam perencanaan pembangunan desa ini kita berlatih menentukan dalam pembuatan tim RPJM desa untuk menguatkan desa dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang,” ucapnya dalam keterangan, Selasa (3/10)..

Peserta dalam acara tersebut yang berasal dari Sekretaris Kampung Maribu, Albertho mengatakan bahwa acara ini memberikan kesan yang sangat baik terutama dalam hal pelatihan terhadap aparatur kampung.

Baca juga: Diduga Salahgunakan Dana Desa, 15 Kades di Cianjur Diperiksa

“Harapan saya dalam mengikuti kegiatan dalam meningkatkan kinerja aparatur dapat memberikan banyak pengetahuan dari materi-materi yang kita ikuti," jelas Albertho.

"Sehingga dengan pengetahuan tugas dan tanggung jawab dari aparatur desa itu akan menguatkan kami dalam melakukan kegiatan, wewenang di desa atau di kampung dengan lebih baik, sehingga dapat memberikan perubahan dalam menyelenggarakan Pemerintah,” ucapnya. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat