visitaaponce.com

Bulog Batasi Pembelian Beras hanya 10 Kg Antisipasi Dijual Kembali

Bulog Batasi Pembelian Beras hanya 10 Kg Antisipasi Dijual Kembali
Pekerja mengemas beras medium bantuan pangan 10 kilogram di Gudang Bulog Pamalayan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (3/10/2023).(Antara/Adeng Bustomi.)

DALAM rangka menghadapi kenaikan harga beras yang terjadi saat ini, Perum Bulog Kantor Cabang Bangka membatasi penjualan beras medium SPHP yang dijual kepada masyarakat. Hal ini bertujuan menghindari beras tersebut ditimbun dan dijual kembali oleh pihak tertentu.

Adapun beras SPHP Bulog dapat dibeli pada saat operasi pasar/pasar murah di retail modern (Acing, Aj Mart, Lolie Mart, Seperadik Mart), toko tradisional yang terdapat di pasar pencatatan BPS (pasar Pagi dan Pembangunan), serta Kantor Bulog Cabang Bangka. Staf Bulog cabang Bangka Wahyu Syafariansyah membenarkan pihaknya membatasi pembelian beras medium, yaitu dua karung atau 10 kg.

"Kami mencegah jangan sampai harga beras tinggi dimanfaatkan bagi mereka yang mencari keuntungan dengan memborong beras Bulog," kata Wahyu, Rabu (4/10). Di tengah tingginya harga beras medium saat ini, Perum Bulog mengikuti HET (harga eceran tertinggi) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Negara Pengekspor Lakukan Pembatasan, Stok Beras Bulog Jateng Berkurang

"Tidak ada kenaikan harga terhadap beras yang kita jual. Kami jual sesuai HET," ujarnya.

Bulog melakukan pembatasan pembelian beras itu untuk antisipasi beras yang dibeli dijual kembali dengan harga yang tinggi demi mendapatkan keuntungan. Stok beras di gudang Bulog Cabang Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) sebesar 770 ton dan dalam pengiriman 750 ton. 

Baca juga: BPBD Klaten dan CSR Salurkan Bantuan 2,2 Juta Liter Air Bersih

"Stok ini cukup hingga akhir tahun. Karenanya, masyarakat tidak perlu panic buying karena stok beras milik Bulog dikategorikan aman," ujarnya.

Selain melakukan penjualan beras SPHP, Perum Bulog melakukan pelayanan terhadap Program Bantuan Pangan Tahap II. Untuk alokasi Oktober, penyaluran diagendakan akan dimulai pada 9 Oktober 2023. Dimana para PBP (Penerima Bantuan Pangan) akan menerima bantuan beras sebanyak 10 kg per KK. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat