visitaaponce.com

Kejadian Karhutla di Klaten Capai 140 Hektare

Kejadian Karhutla di Klaten Capai 140 Hektare
Kepala Satpol PP Kabupaten Klaten Joko Hendrawan(MI/Djoko Sardjono)

KEJADIAN kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, disebabkan pembakaran sampah. Kejadian karhutla di musim kemarau ini mencapai 140 hektare.

Sementara itu, untuk mitigasi karhutla Pemerintah Kabupaten Klaten telah membentuk satuan tugas (satgas) hutan dan lahan. Termasuk mengaktifkan relawan kecamatan dan desa.

Hal itu diungkapkan Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Klaten, Joko Hendrawan, saat ditemui Media Indonesia usai mengikuti rakor di Pendapa Kabupaten Klaten, Senin (9/10).

Baca juga : BPBD Klaten Siapkan 665 Truk Tangki Atasi Kekeringan, Baru 293 Truk yang Terpakai

Untuk antisipasi dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan kosong, Polres dan Kodim 0723 Klaten juga terlibat dalam kegiatan sosialisasi dan edukasi bahaya kebakaran tersebut.

"Hutan dan lahan 140 hektare yang terbakar di musim kemarau ini tersebar di wilayah bagian selatan Kabupaten Klaten. Seperti Bayat, Ceper, Juwiring, dan Wonosari," jelasnya.

Baca juga : KPU Klaten Gelar Kirab Bendera Parpol Peserta Pemilu 2024

Untuk pemadaman karhutla tersebut, Damkar dibantu relawan 150 personel. Keterlibatan relawan karhutla  sangat membantu dalam upaya antisipasi dan pencegahan kebakaran di Klaten.

"Memang, sarana pemadam karhutla masih terbatas. Kami hanya memiliki lima armada damkar dengan 30 personel. Karena itu, keberadaan relawan karhutla sangat membantu," ujar Joko. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat