visitaaponce.com

Trend Karhutla Bergeser ke Bagian Timur Pegunungan Meratus

Trend Karhutla Bergeser ke Bagian Timur Pegunungan Meratus
BPBD Kalimantan Selatan mengungkapkan karhutla bergeser dari barat menuju timur Pegunungan Meratus.(BPBD)

KEBAKARAN hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Selatan mengalami pergeseran dari bagian barat ke arah timur kawasan Pegunungan Meratus. Tepatnya di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kota Baru. 

"Karhutla masih terjadi, namun trendnya bergeser dari yang dulu lebih banyak di bagian barat kini ke sisi timur pegunungan meratus," ungkap Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Pormadi Dharma, Jumat (13/10).

Dalam laporan harian kebencanaan BPBD Kalsel tercatat pada Kamis (12/10), karhutla terjadi di empat daerah yaitu Kabupaten Tanah Bumbu, Kotabaru, Tapin dan Banjar.

Baca juga: Lagi Kawasan Konservasi di Kalsel Terbakar

Dikatakan Pormadi, karhutla gambut di kawasan ring satu bandara Syamsudin Noor yang menjadi prioritas penanganan satgas darat dan udara selama ini sudah jauh berkurang. Namun kebakaran kini muncul di lahan gambut (APL) sisi barat  bandara tepatnya di sekitar Jalan Gubernur Syarkawi masuk wilayah Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar.

"Sumber kabut asap saat ini muncul akibat terbakarnya kawasan lahan gambut di sisi barat bandara," ujarnya. 

Baca juga: Udara Kalsel Masih Diselimuti Kabut Asap

Guna mengatasi karhutla, Pormadi mengatakan ada dua unit helikopter patroli dan lima unit helikopter water bombing masih beroperasi di Kalsel. "Unit satgas udara masih tetap beroperasi di Kalsel. Ada yang maintenance, dan ada juga proses perpanjangan kontrak. Setiap hari setidaknya dua unit heli patroli dan dua water bombing beroperasi membantu penanganan karhutla di Kalsel," tuturnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat