visitaaponce.com

Tarik Minat Wisatawan, Jakarta Travel Fair Digelar di Palembang

Tarik Minat Wisatawan, Jakarta Travel Fair Digelar di Palembang
Guna mempromosikan Jakarta, Jakarta Travel Fair diselenggarakan di Palembang.(MI/Dwi Apriani)

DALAM rangka peningkatan kunjungan wisatawan di Jakarta, Dinas Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar acara tahunan Jakarta Travel Fair (JTF) 2023. Kali ini, JTF digelar di Kota Palembang, Sumatra Selatan, karena potensi wisatawan yang cukup besar.

Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Pemprov Jakarta, Sherly Yuliana mengatakan ini merupakan agenda tahunan.

"Tujuannya untuk mempromosikan keunikan serta keragaman yang ada di DKI Jakarta sekaligus dalam rangka mendukung program pemerintah pusat Bangga BerWisata di Indonesia dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara," kata dia saat press conference launching Jakarta Travel Fair 2023 di Palembang, Rabu (18/10)

Baca juga: Lebih dari Tiga Ribu Titik Panas Terpantau di Sumatra, Terbanyak di Sumsel

Pihaknya berharap JTF dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta. Selain Palembang, kata Sherly, JTF juga akan dilakukan di Surabaya dan Lampung. "Gelaran JTF ini akan dipusatkan di Palembang Trade Center pada 20-22 Oktober nanti. Dalam pelaksanaannya kami menggandeng asosiasi sektor pariwisata" kata dia.

Tidak tanggung-tanggung, Sherly memboyong Abang dan  None Jakarta sebagai duta pariwisata DKI Jakarta. Agar lebih meriah, penyelenggara pun membawa Rony Parulian Idol dan Syarla Idol sebagai artis pengisi JTF 2023 tersebut.

Baca juga: 32.000 Ton Beras SPHP Sudah Disalurkan, Bulog Sumsel Babel Klaim Stok Melimpah

Diketahui, pendapatan asli daerah Provinsi DKI Jakarta di sektor hotel, restoran, dan hiburan sampai 18 september 2023 sudah hampir memenuhi target dengan pencapaian sebesar Rp4,732 trilun dari target APBD 2023 yaitu senilai Rp5,8 triliun.

Ketua Panitia JTF Hanley Budiman mengatakan terobosan ini menggandeng asosiasi travel agent seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia, yang sudah seringkali menyelenggarakan berbagai event travel fair. JTF melibatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral yakni travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, toko souvenir, pengrajin batik, dan sebagainya.

"Semua peserta JTF ini akan memberikan harga khusus selama pameran ini, juga ada hadiah cashback dan berbagai voucer. Para travel agent pun akan memperkenalkan paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping, dan lain-lain," jelas Hanley.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan JTF yang diselenggarakan Pemprov DKI ini menjadi cambukan bagi Pemprov Sumsel untuk semakin gencar mempromosikan wisata dan potensi Sumsel ke daerah lain.

"Jakarta saja yang notabenenya sudah sangat terkenal tetap menyelenggarakan promosi seperti ini, apalagi kita. Ini harus jadi contoh untuk kami, dan kami akan semakin giat mempromosikan Sumsel juga ke daerah lain," kata Aufa.

Diakui Aufa, JTF ini sangat tepat diselenggarakan di Palembang karena potensi wisatawan dari Sumsel cukup besar. (Z-3)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat