visitaaponce.com

Pemkab Purwakarta Dorong Anak Konsumsi Ikan untuk Cegah Stunting

Pemkab Purwakarta Dorong Anak Konsumsi Ikan untuk Cegah Stunting
Pekerja memanen ikan patin di kolam budidaya ikan patin.(ANTARA/BAYU PRATAMA S)

KEPALA Dinas Perikanan dan peternakan Kabupaten Purwakarta Ida Siti Hamidah mengharapkan minat makan ikan menjadi tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi masyarakat serta dapat mencegah stunting di Kabupaten Purwakarta.

"Kita berharap dari peningkatan pengolahan ikan dapat mendorong anak-anak mengkonsumsi ikan sehingga mampu mencegah stunting di masyarakat Purwakarta," kata Ida Siti, Jumat (20/10).

Ida menambahkan olahan ikan diharapkan dapat menarik minat anak-anak gemar makan ikan dan hal ini juga dalam rangka pemenuhan gizi anak. Ikan mengandung protein yang tinggi dan omega 3 yang baik untuk
pertumbuhan dan perkembangan otak.

Baca juga: Wapres Yakin Target Penurunan Prevalensi Stunting Tercapai

Kabupaten Purwakarta sebagai daerah penghasil ikan di Jawa Barat dengan adanya waduk Jatiluhur dan Cirata, untuk itu harus mampu memanfaatkan potensi tersebut menjadi olahan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. 

Guna mempersiapkan masyarakat yang pandai dan memiliki kecakapan dalam memproduksi berbagai hasil olahan ikan, Dinas Perikanan dan peternakan Kabupaten Purwakarta melakukan sosialisasi  kegiatan Sosialisasi Sistem Pelayanan informasi potensi perikanan Budidaya Purwakarta (Ikan Dapur) di website dinas.

Baca juga: Cegah Stunting, ILUNI UI Bagikan 1 Ton Ikan untuk Warga Pejaten Timur

Ida menyebutkan kegiatan tersebut merupakan upaya untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat dan upaya untuk menekan laju stunting di Kabupaten Purwakarta. Selain itu dilakukan pula pembentukan forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) Kabupaten Purwakarta. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat