visitaaponce.com

Ngeri Buaya 3 Meter Masuk ke Sumur Warga di Bengkulu

Ngeri! Buaya 3 Meter Masuk ke Sumur Warga di Bengkulu
Buaya muara betina yang masuk ke sumur warga di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu.(Metro TV)

WARGA Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dihebohkan dengan masuknya seekor buaya jenis betina ke dalam sumur milik warga desa setempat. Dugaan sementara kemunculan buaya betina berukuran panjang sekitar 3 meter itu akibat terbawa banjir yang terjadi di Kabupaten MukoMuko beberapa bulan yang lalu.

Kepala Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kabupaten Mukomuko, Mirwan, menyebutkan buaya jenis betina yang memiliki panjang sekitar 3 meter lebih ini diduga terjatuh kedalam sumur milik warga desa saat sedang mencari makan di sekitar lokasi sumur yang masih dipenuhi rawa.

Warga desa yang mengetahui adanya seekor buaya tersebut kemudian melaporkannya kantor Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Kabupaten MukoMuko untuk kemudian dilakukan evakuasi. Warga sempat merasa khawatir dan takut lantaran keberadaan buaya betina tersebut dekat dengan pemukiman warga desa.

Baca juga; Banjir, 70 Buaya Ternak di Tiongkok Kabur ke Permukiman Warga

“Buaya jenis betina dengan panjang 3 meter lebih itu bermigrasi ke kawasan dekat pemukiman warga desa yang menjadi tempat mencari makan buaya betina,” ujar Mirwan, Sabtu, (21/10).

Untuk habitat dari buaya muara ini sendiri dikatakan Mirwan sangat jauh dari titik ditemukan buaya yang masuk kedalam sumur milik warga Desa Air Punggur, Mukomuko, Bengkulu. Habitat buaya muara berada di kawasan sepanjang aliran sungai Selagan dan sungai Air Manjunto.

Baca juga: Warga Konawe Selatan Tewas Diserang Buaya

Saat ini buaya itu telah dievakuasi oleh warga bersama petugas KSDA Mukomuko dari dalam sumur sedalam 5 meter milik warga desa. Kemudian akan diamankan untuk sementara waktu ke kantor KSDA Mukomuko untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kesehatan.

Nantinya buaya jenis betina itu akan dibawa ke Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu yang kemudian akan dilepasliarkan ke habitatnya.

 

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat