visitaaponce.com

Bantu Akses Modal danPasar, Petani CSA Purworejo Ikuti Temu Usaha

Bantu Akses Modal dan Pasar, Petani CSA Purworejo Ikuti Temu Usaha 
Petani organik berwawasan CSA Purworejo antusias ikuti 'Temu Usaha dan Kemitraan SIMURP' di Aula BPP Purworejo, Jawa Tengah.(Ist)

SEJUMLAH petani berwawasan Pertanian Cerdas Iklim atau Climate Smart Agriculture (CSA) yang juga penerima manfaat program SIMURP di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah mengikuti ´Temu Usaha dan Kemitraan SIMURP 2023´ yang diadakan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Purworejo, belum lama ini.

Kegiatan berlangsung di Aula BPP Purworejo yang diikuti 30 petani organik, menghadirkan pemateri dari kalangan profesional yakni pimpinan Bank BRI Unit Tambakrejo dan Diamond Olshop Kutoarjo.

Temu Usaha dan Kemitraan 2023 tersebut dibuka oleh Pelaksana Teknis SIMURP Purworejo, Turoso.. Ia juga menekankan bahwa tujuan pertemuan, untuk membuka peluang bagi petani mengakses pasar via digital marketing dan memperoleh modal usaha melalui perbankan.

Baca juga: Bank Dunia Akui Keberhasilan Indonesia Implementasi CSA

Turoso mengatakan bergabung pada Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) yang diusung Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong petani setempat ´melek´ pada pengembangan produk pertanian dari hulu ke hilir.

Upaya tersebut sejalan arahan Plt Menteri Pertanian (Mentan) Arief Prasetyo Adi bahwa penyuluh di bawah koordinasi BPP merupakan kunci sukses pembangunan pertanian.

"Kehadiran penyuluh harus bisa menjadi juru bicara dan harus mendengarkan keluh kesah para petani. Jika ada masalah, penyuluh berada di depan, dan segera laporkan ke pemerintah daerah hingga pusat," katanya.

Baca juga: Teknologi CSA Genjot Produktivitas Gabah Lebih Banyak

Hal itu, kata Plt Mentan, menjadi perhatian Presiden RI Joko Widodo bahwa keberadaan penyuluh sangat penting untuk membantu petani meningkatkan hasil pertanian hingga penanganan pasca panen dan pemasaran hasil pertanian.

"Hilirisasi produk-produk pertanian ini memang harus dan inilah yang sedang kita siapkan," kata Presiden Jokowi seperti dikutip Arief Prasetyo Adi.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi mengatakan pihaknya terus berupaya mendorong pelaku utama dan pelaku usaha pertanian, untuk melakukan hilirisasi produk pertanian.

"Melalui hilirisasi, para pelaku agribisnis akan mendapatkan nilai tambah dan jaminan pasar yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan para petani," katanya.

Sumber Pembiayaan Berupa KUR

Pada kegiatan Temu Usaha dan Kemitraan 2023 yang diinisiasi SIMURP melalui BPP Purworejo, narasumber dari Bank BRI Unit Tambakrejo mengatakan, upaya pemerintah untuk mendukung dan meningkatkan akses pada usaha pertanian, dengan menyediakan sumber pembiayaan berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Baca juga: CSA Kementan Bimbing Petani Pinrang Bikin Pestisida Nabati dari Bawang

"KUR merupakan upaya pemerintah untuk memajukan sektor pertanian. KUR dapat diakses melalui Bank BRI. Prosesnya mudah. Syarat utamanya adalah petani yang memiliki usaha produktif," katanya.

Sementara narasumber dari Diamond Olshop Kutoarjo mengurai tentang Digital Marketing, telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia bisnis saat ini, termasuk bisnis di sektor pertanian.

"Petani harus memahami cara memasarkan produk dengan efektif di era digital, agar dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Pembeli saat ini semakin mandiri membuat keputusan pembelian berdasarkan hasil pencariannya di internet," katanya.

Digital marketing dapat menjangkau seluruh masyarakat di manapun mereka berada dan kapan saja. Produknya dibangun sebagai strategi pemasaran hasil pertanian meliputi website penjualan berupa e-commerce dan media sosial yang terintegrasi dengan e-commerce.

Kegiatan ditutup dengan pembentukan Grup Whatsapp yang berisikan seluruh petani organik dan pelaku digital marketing Diamond Olshop. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat