visitaaponce.com

Banyak Sekolah Swasta di Bantul bakal Kehilangan Guru

Banyak Sekolah Swasta di Bantul bakal Kehilangan Guru
Ilustrasi.(Freepik.)

PEMERINTAH Kabupaten Bantul pada 2023 membuka formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) untuk 446 guru. Dari formasi tersebut, sebanyak 150 guru honorer yang selama ini mengabdi di sekolah-sekolah negeri dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti tes PPPK. Sedangkan sisanya akan diisi oleh guru-guru yang selama ini mengajar di sekolah-sekolah swasta. Kondisi ini dikhawatirkan sekolah swasta yang ada di Kabupaten Bantul akan kekurangan guru atau darurat guru.

Sekretaris Komisi A, DPRD Bantul, Jumakir mengemukakan dengan pembukaan formasi itu, dipastikan terjadi mutasi ratusan guru swasta yang akan mengajar di sekolah negeri setelah mereka diterima menjadi PPPK. "Memang seleksi PPPK guru seperti pisau bermata dua. Ada yang diuntungkan tetapi juga ada yang dirugikan. Yang paling dirugikan ialah sekolah swasta dan akan terjadi darurat guru di sekolah swasta," katanya, Rabu (25/10).

Dengan banyaknya guru swasta yang pindah ke sekolah negeri, katanya, dipastikan sekolah swasta juga kesulitan mendapatkan guru pengganti dalam waktu yang singkat. "Kami mengusulkan Pemkab Bantul bisa membantu sekolah swasta untuk memenuhi kebutuhan guru dengan menawarkan guru honorer yang belum memenuhi syarat mengikuti tes PPPK bisa diperbantukan ke sekolah swasta yang kekurangan guru," ungkapnya.

Baca juga: Keseruan Wisata Kano di Aliran Sungai Irigasi di Bantul

Menurut Jumakir, tidak mungkin secara aturan guru yang lolos PPPK mengajar di sekolah swasta. Namun demikian, Pemkab Bantul bisa menawarkan guru honorer yang selama ini mengajar di sekolah negeri tetapi belum memenuhi syarat tes PPPK diperbantukan ke sekolah swasta untuk mengatasi darurat guru di sekolah swasta.

Namun, lanjutnya, dimungkinkan akan ada mekanisme yakni sekolah swasta mengajukan permintaan usulan kepada Pemkab Bantul termasuk kualifikasi guru yang dibutuhkan akibat ditinggalkan guru yang diterima menjadi PPPK. Pindahnya guru honorer yang mengajar di sekolah negeri ke sekolah swasta juga mengurangi beban anggaran karena guru tersebut akan digaji oleh sekolah swasta.

Baca juga: 5 Orang di Bantul Tewas Usai Tenggak Miras Oplosan

"Ya ini tidak mudah karena guru honorer yang mengajar di negeri belum tentu bersedia pindah mengajar ke sekolah swasta. Namun ini salah satu solusi mengatasi darurat guru di sekolah swasta akibat rekrutmen PPPK guru," pungkasnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat