visitaaponce.com

Sambangi Ciamis dan Kuningan, Caleg Nasdem Teh Farah Siap Dampingi UMKM

Sambangi Ciamis dan Kuningan, Caleg Nasdem Teh Farah Siap Dampingi UMKM
Teh Farah, Caleg DPR Partai Nasdem Dapil Jabar X, melihat langsung sekaligus menyerap aspirasi pelaku UMKM perajin angklung.(Ist)

KABUPATEN Ciamis dan Kuningan, Jawa Barat, memiliki banyak beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang perlu didorong untuk tumbuh berkembang dan bermanfaat sehingga memberi kesejahteraan bagi seluruh pelaku usaha.

Guna mendukung hal tersebut, Co Chair W20 Bidang Kepemimpinan Usaha Kecil Menengah (UKM) Farahdibha Tenrilemba melihat masalah permodalan masih menjadi kendala besar selain perbaikan mutu produk dan pemasaran. 

Baca juga: Kehadiran Bandara Internasional Perkuat Kawasan Rebana

Menurut dia, bantuan permodalan bagi UMKM di Kabupaten Ciamis dan Kuningan juga perlu diperhatikan.

"Tantangannya adalah bagaimana cara mereka (UMKM) mengembangkan itu dengan mendapatkan bantuan permodalan sehingga bisa mengembangkan usaha mereka," tutur perempuan yang akrab disapa Teh Farah ini di Kampung Angklung, desa Panyingkiran, Ciamis, Jawa Barat, Jumat (27/10).

Farah melanjutkan jika produk UMKM masih sangat sederhana, penghargaan terhadap produk itu pun tidak bisa dihargai lebih.

"Akhirnya harga produknya di pasaran anjlok. Jadi, jangankan kembali modal, malah mereka nombok. Jadi, itulah masalah-masalah yang saya temukan saat meninjau sejumlah UMKM di Ciamis dan Kuningan," ungkap Caleg DPR RI dari Partai Nasdem Dapil Jabar X tersebut.

Baca juga: Didukung ICD dan PDGI, Formula Gelar Pengobatan Gratis Gigi dan Mulut di Kuningan

Dia pun memberikan solusi agar kalangan UMKM ini tidak terputus usahanya lantaran tidak memiliki modal yang cukup.

"Misalnya jika tidak ada modal, jangan hanya mengembangkan satu metode penjualan, bisa juga secara online. Yang kedua, terbuka dengan segala jenis masukan."

"Teh Farah juga siap memberikan pendampingan bagi UMKM. Kami bekerja sama dengan para pendamping UMKM yang siap mendampingi, baik itu dari yang paling kecil, maupun yang sudah jalan dan menengah," pungkasnya.

Untuk diketahui, Farahdibha melakukan sejumlah kunjungan ke Kampung Angklung di desa Panyingkiran, Ciamis, guna melihat langsung sekaligus menyerap aspirasi (sambung rasa) pelaku UMKM khususnya perajin angklung.

Sebelumnya, ia juga berkunjung ke desa Ciloa, Kuningan, untuk melihat produksi minuman khas Kuningan, cuing, yang dikelola hanya oleh warga desa Ciloa. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat