visitaaponce.com

Setelah Palembang, Pemprov DKI Jakarta Berlanjut Gelar JTF 2023 di Surabaya

Setelah Palembang, Pemprov DKI Jakarta Berlanjut Gelar JTF 2023 di Surabaya
Disparekraf DKI Jakarta menggelar acara tahunan Jakarta Travel Fair (JTF) 2023 untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di Jakarta.(Ist)

DINAS Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta menggelar acara tahunan Jakarta Travel Fair (JTF) 2023 untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di Jakarta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan kegiatan yang digelar tiap tahun ini juga bertujuan mempromosikan keunikan dan keragaman DKI Jakarta serta mendukung program pemerintah Bangga BerWisata di Indonesia (BBWI) dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara.

Baca juga: Wajah Baru TMII Andalan Pariwisata di DKI Jakarta

“Pemprov DKI Jakarta sangat mendukung program pemerintah pusat BBWI. Kami berharap JTF dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta untuk menikmati liburan di Jakarta,” ungkap Andhika dalam siaran persnya, hari ini.

Andhika melanjutkan kegiatan JTF sudah digelar di Palembang, Sumatra Selatan, pada 18-22 Oktober 2023. Saat ini JTF 2023 tengah digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada 1-5 November 2023, dan dilanjutkan di Lampung pada 15-19 November mendatang.

Berbeda dari tahun sebelumnya, pada JTF 2023 ini menggandeng asosiasi sektor pariwisata.

“Tahun ini kami membuat terobosan baru dengan menggandeng asosiasi travel agent seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) yang sudah sering menggelar berbagai event travel fair agar kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta dapat semakin meningkat,” ungkapnya.

Baca juga: Rumah Kelahiran Bung Karno di Surabaya Dibuka jadi Objek Wisata

Peserta JTF melibatkan sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral yakni travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, toko suvenir, perajin batik, dan sebagainya.

"Mereka akan memberikan harga khusus selama pameran. Para travel agent pun akan memperkenalkan paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tour, door to door package, student program, island hopping, dan lain-lain," terang Andhika.

Pada rangkaian JTF 2023 juga digelar corporate gathering, destination presentation, serta business networking untuk memberikan kesempatan bagi peserta pameran dari Jakarta menyampaikan kemajuan, keanekaragaman, dan keunikan kota Jakarta, sehingga bisa dipertimbangkan menjadi destinasi pilihan perjalanan korporasi, sekolah, dinas, BUMD, dan masyarakat luar Jakarta.

Baca juga: Kebun Binatang Surabaya: Harga Tiket, Syarat Masuk, dan Wahananya

Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi Disparekraf DKI Jakarta Sherly Yuliana menambahkan selain pelaku pariwisata, sejumlah bank ikut serta pada JTF 2023 seperti Bank DKI, BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri yang memberikan potongan harga Rp300 ribu untuk minimum pembelanjaan Rp3 juta dan bonus-bonus seperti e-money.

"Ada juga paket untuk kuliner exclusive dan perusahaan telekomunikasi berpartisipasi dalam event JTF 2023," ujarnya.

Selain itu, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta memboyong Abang dan None Jakarta sebagai duta pariwisata DKI Jakarta.

"Di Surabaya, kegiatan JTF 2023 ini digelar di Tunjungan Plaza 3 yang dimeriahkan Nabila Taqqiyah Idol, Rony Parulian Idol, dan band lokal Klantink. Juga penampilan tim Kesenian SMPI dan SDI Alazka Surabaya," tutup Sherly.

Sebagai informasi, pada 2023 pendapatan asli daerah Provinsi DKI Jakarta pada sektor hotel, restoran dan hiburan hingga 18 September 2023 hampir memenuhi target yakni Rp4,732 triliun dari target senilai Rp5,8 triliun. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat