visitaaponce.com

Asosiasi Wanita Pengusaha Banjarnegara Menuju Good Manufacturing Practice

Asosiasi Wanita Pengusaha Banjarnegara Menuju Good Manufacturing Practice
Ketua Aswapemari, Sukini.(Ist)

Sebanyak 52 anggota tetap Asosiasi Wanita Pengusaha Makanan Ringan (Aswapemari) yang tersebar di 19 kecamatan di Kabupaten Banjarnegara berupaya memenuhi Standar Good Manufacturing Practice (GMP) untuk menghasilkan produk bermutu sesuai dengan tuntutan pasar.

Mereka adalah gabungan pengusaha yang telah berusia 10 tahun dengan mayoritas produknya adalah berbagai keripik dan makanan ringan khas. Aswapemari dibentuk dengan tujuan berkembang, sejahtera, dan maju bersama sama sebagai sesama pengusaha wanita makanan ringan.

Baca juga : Teten: Masih Banyak E-Commerce, Tutupnya TikTok Shop Tidak Bikin Mati UMKM

BRI Life, melalui program BRI Life Berbagi, hadir kembali untuk Aswapemari melalui program pendampingan dan pemberdayaan peningkatan kapasitas usaha dengan menunjuk BRI Research Institute sebagai pelaksana pemberdayaan yang bekerja sama dengan Pusat Inkubasi Bisnis Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Jenderal Soedirman.

Ini merupakan kali kedua mereka mendampingi Aswapemari, setelah sebelumnya sukses membentuk Rumah Kemasan untuk Aswapemari sehingga meningkatkan penjualan mereka. Kini BRI Life kembali hadir untuk Aswapemari dengan memberikan bantuan alat produksi kepada anggota Aswapemari agar memenuhi standar GMP untuk menghasilkan produk bermutu sesuai dengan tuntutan pasar. “Setelah tahun kemarin di buatkan Rumah Kemasan dan kali ini kami mendapatkan bantuan kembali yaitu alat-alat yang menunjang GMP sehingga lebih higienis lagi kami dalam melakukan produksi,” kata Ketua Aswapemari, Sukini.

Dengan peningkatan kapasitas produksi dan penerapan GMP ini, Aswapemari menjadi lebih siap untuk mengakses pasar yang lebih luas, dan merambah pasar online. Untuk mengakselerasi hal ini, pada kesempatan kali ini BRI Life juga memberikan bantuan berupa perangkat digital seperti tablet, thermal printer dan alat lainnya untuk dapat menunjang operasional toko online. Kegiatan pemberdayaan bagi anggota Aswapemari ini dilangsungkan pada Oktober 2023, bertepatan dengan bulan inklusi keuangan Indonesia dan dalam rangka ulang tahun BRI Life yang ke-36 tahun. (B-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat