visitaaponce.com

Melalui CSR dan Diseleksi, Bank BJB Bantu Petani Milenial Kembangkan Usaha

Melalui CSR dan Diseleksi, Bank BJB Bantu Petani Milenial Kembangkan Usaha
Kegiatan ´Business Talkshow Pojok Kredit Millenial Agriculture Forum Edisi Tani Akur di Tasikmalaya, Jawa Barat.(Ist)

POLITEKNIK Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor melalui Program YESS menggelar kegiatan ´Business Talkshow Pojok Kredit Millenial Agriculture Forum Edisi Tani Akur bertema “Akses Permodalan Usaha Menggunakan Dana CSR”.

Kegiatan diselenggarakan secara offline di BPP Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat dan online melalui zoom meeting pada baru-baru ini.

Kegiatan dibuka oleh Rudi Hartono selaku Plh Direktur Polbangtan Bogor sementara secara online hadir Kepala Pusat Pendidikan Pertanian BPPSDMP Kementan, Idha Widi Arsanti dan Project Manager Program YESS PPIU Jawa Barat Aminudin.

Baca juga: Kementan Tingkatkan Ekonomi Nasional dari Perkebunan dengan Pasti 

Bincang bisnis kali ini dikemas dengan mendatangkan narasumber dari Dinas Bagian Perekonomian & Administrasi Pembangunan Setda, Bappelitbangda, Manager Sentra UMKM Bank BJB, Korluh BDSP, Offtaker, Local Champion, Mobilizer, Fasmud, CPM/PM.

Dimas Ardy Prasetyo selaku Manager Sentra UMKM Bank BJB mengatakan bahwa corporate social responsibility dari Bank BJB memiliki tiga kategori, yaitu pendidikan, kesehatan, dan lingkungan sosial.

“Kita tidak bisa tiba tiba memberi CSR, jadi tetap harus koordinasi dengan pemerintah setempat. BJB di tunjuk sebagai Pojok KUR," katanya.

Dimas menambahkan, terkait pertanian ada beberapa hal yang harus diketahui, biasanya pihak perbankan melihat pada tiga hal, yaitu masa lalu (usaha dia masa lalunya seperti apa) dan proyeksi masa depannya seperti apa. Petani, pasarnya harus jelas. 

"Terkait proposal bisnis, ketika melakukan kunjungan pada nasabah hal pertama yang ditanya pada nasabah usahanya adalah apa,” ungkapnya lagi.

Baca juga: Kementan Dorong Milenial Terjun ke Sektor Pertanian di Jawa Barat

Dimas menambahkan bahwasanya hal penting dalam usaha adalah manajemen usahanya. Setiap hari Jumat, Bank BJB selalu memembuat kelas. Uang yang BJB salurkan buat dana hibah tetapi uang dari masyarakat yang digulirkan lagi untuk dana kredit. 

"Sampai 100 tidak ada agunan, jadi teman-teman petani tidak perlu memberi agunan. BJB pernah melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah Jawa Barat yaitu Program Mesra untuk Kredit Mesra tanpa bunga. Tanpa agunan. Harus berkelompok minimal 5 orang. Pembayarannya berdasarkan siklus. satu orang maksimal Rp5 juta," papar Dimas.

Deputi Komponen YESS PPIU Jawa Barat, Yul Harry Bahar, mengatakan bahwa bisnis talkshow imerupakan ajang pembelajaran dan informasi. 

Baca juga: Pelaksana Pendamping Petani Milenial Jatim Raih Penghargaan Kementan

“Dalam Program YESS, komponen ketiga adalah permodalan. Memang dalam program yess dirancang tidak seperti program perkembangan pertanian biasanya," katanya. 

Kalau perkembangan pertanian, kata Yul, biasanya dilaksanakan melalui kegiatan program. Ada program, ada bantuan pada masyarakat dan bantuan pemerintah. 

"Dalam Program YESS, masyarakat dididik agar dapat mengakses ke program permodalan, bukan dengan meminta-minta modal, agar dapat merubah paradigma pemuda agar tidak mengakses ke program pemerintah tetapi beralih ke program permodalan," katanya. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat