visitaaponce.com

Pemprov Kalsel Perbanyak Akses Menuju IKN

Pemprov Kalsel Perbanyak Akses Menuju IKN
Ilustrasi jalan penghubung ke IKN.(ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A)

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) akan memperbanyak akses jalan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Langkah itu ditandai dengan penyerahan aset pembangunan ruas jalan dari Kabupaten Balangan menuju Kabupaten Paser yang diserahkan Bupati Balangan, Abdul Hadi kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Rabu (8/11).

Aset ruas jalan yang dihibahkan meliputi ruas jalan antara Uren, Tampaan, dan Ambata di Kabupaten Balangan yang akan menghubungkan jalan nasional di Kabupaten Paser.

Ruas jalan itu akan menjadi jalur alternatif yang menghubungkan Provinsi Kalsel menuju IKN. Itu juga akan memangkas waktu tempuh Kalsel-Kaltim melewati Kabupaten Tabalong dari 4-5 jam menjadi 1,5-2 jam.

Bupati Balangan, Abdul Hadi, mengatakan penyerahan aset jalan merupakan wujud nyata dukungan Pemkab Balangan terhadap Provinsi Kalsel dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan mempertegas posisi Kalsel sebagai penyangga IKN.

Baca juga:

Kuat Dugaan Dana IKN Hanya Bersumber dari APBN

Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Pemerintah di IKN Dimulai

"Posisi Balangan sangat strategis karena berbatasan dengan beberapa daerah seperti Tabalong, Kotabaru dan Paser, sehingga penyerahan aset jalan ini diharapkan dapat memperlancar akses menuju IKN," ujarnya.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan penyerahan hibah aset berupa pembangunan jalan menghubungkan Balangan menuju Paser diyakini akan mampu meningkatkan percepatan pembangunan Pulau Kalimantan, khusus Provinsi Kalsel. "Ini akan memperlancar mobilitas, jalur alternatif pergerakan barang industri pertanian, perkebunan, tambang, UMKK hingga lokasi wisata.

"Kalsel tidak sekadar pintu gerbang IKN, juga mengambil peran dalam pembangunan dan etalase secara nasional," kata Sahbirin.

Lebih lanjut, jalur alternatif menuju IKN juga akan melalui kawasan hutan lindung, hutan produksi dan hutan produksi terbatas menyambung pada ruas jalan nasional di Kabupaten Paser, Kaltim. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat