visitaaponce.com

12 Mantan Napi Berebut Jadi Caleg Provinsi Babel

12 Mantan Napi Berebut Jadi Caleg Provinsi Babel
Ilustrasi(Dok MI)

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bangka Belitung (Babel) telah menetapkan 542 nama masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD tingkat Provinsi. Dalam daftar itu, terdapat 12 calon legislatif (Caleg) yang berstatus mantan narapidana berbagai kasus.

Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung, Husin membenarkan ada 12 mantan Napi yang sudah di tetapkan di DCT anggota DPRD Babel.

"Ya benar ada 12 mantan Napi dari sejumlah Partai Politik, masuk DCT pada Pileg mendatang," kata Husin, Rabu (8/11).

Baca juga : Pemilu 2024, KPU Makassar Temukan 23 Caleg Ganda dari Sejumlah Parpol

Meski 12 nama tersebut berstatus narapidana, tetapi sudah melengkapi persyaratan, seperti dokumen salinan putusan pengadilan dan surat keterangan bebas dari lapas.

"Sudah lengkap semua termasuk melampirkan surat pernyataan di media massa baik cetak ataupun elektronik yang menerangkan bahwa mereka mantan narapidana," tukasnya.

Kendati demikian menurutnya ada satu mantan Napi tidak memenuhi syarat sehingga tidak masuk DCT. "Ada 12 caleg masuk DCT dan satu Mantan lagi kita tetapkan TMS (tidak memenuhi syarat)," ungkap dia.

Ia menambahkan Ketentuan tentang mantan narapidana diatur pada UU nomor 7 tahun 2017 pasal 240 ayat (1) huruf g, PKPU 10 tahun 2023 pasal 11 ayat (1) huruf g dan putusan MK Nomor: 87/PUU-XX/2022.

"Semua kami putuskan berdasarkan itu," tutupnya. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat