visitaaponce.com

Pematang Siantar Waspadai Cacar Monyet

Pematang Siantar Waspadai Cacar Monyet
Petugas kesehatan menyosialisasikan penyakit cacar monyet kepada masyarakat di Puskesmas Kedaung, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/11).(ANTARA/SULTHONY HASANUDDIN)

KEPALA Dinas Kesehatan Pematang Siantar Irma Suryani meminta agar fasilitas pelayanan kesehatan yang terdiri dari puskesmas, rumah sakit, dan klinik agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap cacar monyet.

Dalam surat edarannya, Irma meminta kepada seluruh direktur rumah sakit, kepala puskesmas, pimpinan klinik, pimpinan laboratorium, dokter spesialis, dokter umum dan bidan memantau situasi dan segala informasi terkait cacar monyet serta meningkatkan kewaspadaan dini.

Mereka diminta meningkatkan kewaspadaan dengan lebih proaktif untuk menemukan kasus khususnya di layanan perawatan, dukungan dan pengobatan  HIV/AIDS, layanan konseling, serta testing dengan melibatkan jejaring komunitas kunci sehingga dapat mengakses layanan kesehatan tanpa stigma dan diskriminasi.

Baca juga:

Dua Pasien Cacar Monyet di Jawa Barat sudah Sembuh

Pasien Cacar Monyet yang dalam Kondisi Stabil tidak Perlu Antivirus

Kemudian memantau dan melaporkan kasus yang ditemukan sesuai dengan defenisi operasional secara berjenjang ke Dinas Kesehatan. Lalu, memperkuat kewaspadaan standar dalam upaya pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan.

Kemudian, meningkatkan kemampuan pelayanan rujukan kepada rumah sakit jejaring pengampuan pelayanan penyakit infeksi emerging serta menyebarluaskan informasi tentang mpox kepada petugas dan masyarakat.

Serta lebih meningkatkan komunikasi resiko sesuai dengan pedoman terutama menyasar kelompok berdasarkan temuan kunci dan jika ditemukan kasus segera berkoordinasi dengan Dinkes mengenai pencatatan dan pengelolaan spesimen. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat