visitaaponce.com

Bupati Klaten Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Warisan Leluhur

Bupati Klaten Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Warisan Leluhur
Kepala Disbudporapar Sri Nugroho menyampaikan sambutan mewakili Bupati Klaten(MI/Djoko Sardjono)

PARIWISATA mempunyai karakteristik pelestarian alam, budaya, dan seni. Jika dilestarikan itu akan bisa menyejahterakan masyarakat.

Sementara itu, gelar budaya juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan adat budaya dan kearifan lokal.

Hal itu diungkapkan Bupati Klaten Sri Mulyani yang diwakili Kepala Disbudporapar Sri Nugroho pada Gelar Budaya Pemdes Trucuk di Lapangan Krida Manunggal, Minggu (19/11).

Baca juga: Kodim 0723 Klaten Gelar Kerja Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) di Desa Burikan

Gelar budaya yang diadakan Pemerintah Desa Trucuk akan membangkitkan potensi kesenian lokal. Ini merupakan modal dasar kepariwisataan.

“Selain itu, gelar budaya akan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan adat budaya dan kearifan lokal,” imbuhnya.

Baca juga: Diresmikan Dubes, Malaysia Food & Travel Fair Pererat Hubungan Budaya

Sebuah kegiatan yang memiliki nilai pelestarian budaya perlu ditransformasikan menjadi nilai ekonomi guna menyejahterakan masyarakat.

Masyarakat juga akan terhormat dan kokoh peradabannya bila ditopang perilaku pribadi yang berpegang teguh terhadap akar budayanya.

Hal ini perlu disadari oleh seluruh lapisan masyarakat, terlebih tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta para pemimpin lokal.

“Budaya warisan leluhur harus dilestarikan. Di mana letak kebanggaan terhadap negeri kita jika tidak menjaga kekayaan bangsa sendiri,” ujarnya.

Momentum gelar budaya ini, diharapkan menjadi awal kebangkitan kita untuk mencintai seni budaya tradisional warisan leluhur.

“Saya optimistis elemen masyarakat dan generasi muda akan dapat mewujudkan Kabupaten Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera,” kata Sri Mulyani.

Gelar Budaya Pemdes Trucuk 2023, yang dihadiri Wakil Bupati Yoga Hardaya dan Forkopimcam Trucuk, juga diramaikan dengan gelaran UMKM. (JS/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat