visitaaponce.com

PTB Atasi Limbah Konstruksi Smelter Manyar di Gresik

PTB Atasi Limbah Konstruksi Smelter Manyar di Gresik
Anggota Grup Mind Id PT Freeport Indonesia membentuk Pusat Transformasi Bersama.(Dokpri.)

ANGGOTA Grup Mind Id PT Freeport Indonesia (PTFI) membentuk Pusat Transformasi Bersama (PTB) di Manyar Kompleks. Ini salah satu penyokong smelter pemurnian dan pengolahan konsentrat tembaga kedua milik PTFI di Kawasan Java Integrated Industrial Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur. 

PTB merupakan salah satu fasilitas yang disediakan PTBA bekerja sama dengan Yayasan Takmir Masjid Manyar (Yatamam). Fasilitas tersebut digunakan untuk pengolahan limbah smelter. PTB melakukan pengolahan sampah daur ulang sementara untuk proyek smelter Manyar. 

Berdiri sejak satu tahun lalu, PTB merayakan HUT pertamanya di Kantor PTB, Desa Manyarejo, Kecamatan Manyar, pada Senin, 20 November 2023. Rangkaian acara milad PTB digelar bersama warga di sekitar lokasi pembangunan smelter Manyar. Berbagai kegiatan dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT PTB pertama, di antaranya lomba daur ulang limbang, bazar UMKM, dan santunan kepada anak yatim. 

Baca juga: Harga Gula Pasir di Luar Jawa Alami Kenaikan

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen Mind Id melalui anak perusahaannya PTFI, dalam hal ini PTB, untuk pemberdayaan masyarakat dan kelestarian lingkungan di sekitar wilayah operasi perusahaan. Ratusan warga dari 11 desa di sekitar kawasan pembangunan smelter Manyar ikut aktif berpartisipasi lomba daur ulang limbah dan bazar UMKM. PTB juga memberikan santunan kepada 475 anak yatim dalam helatan HUT PTB bertajuk Satu Tahun Reformasi tersebut. 

Sepak terjang PTB selama satu tahun berdiri melakukan berbagai kegiatan amal, salah satunya memberikan donasi produk yang merupakan hasil daur ulang limbah kayu sebanyak 781 produk daur ulang kepada 40 lembaga penerima manfaat seperti lembaga pendidikan, kesehatan, perekonomian desa, dan fasilitas umum lain. Ditugaskan sebagai pengelola limbah konstruksi smelter PTFI, PTB menggandeng Wahana Edukasi Harapan Alam Semesta (Wehasta) yang memiliki spesialisasi pengelolaan limbah dari konstruksi smelter Manyar. 

Baca juga: BPBD Pekanbaru Beri Peringatan Waspada Cuaca Ekstrem

Selain itu, PTB bekerja sama dengan sembilan badan usaha milik desa (Bumdes) di Kecamatan Manyar dan Bungah terkait pemasaran produk daur ulang limbah konstruksi. Nanti, keuntungan penjualan produk tersebut akan digunakan untuk melaksanakan program desa. 

Sekretaris Perusahaan BUMN holding industri pertambangan Mind Id Heri Yusuf mengatakan kehadiran PTB menjadi kepanjangan tangan perusahaan dalam mengedepankan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam menjalankan perseroan. "Kami berkomitmen menjunjung tinggi kelestarian lingkungan juga pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk nilai lebih untuk Indonesia dalam setiap proses bisnis yang dijalankan," ucap Heri dalam keterangan tertulis, Senin (27/11). 

Menurutnya, kehadiran PTB membantu PTFI dalam pengelolaan limbah pembangunan smelter yang kini sudah mencapai 80%. PTB juga menjadi bagian dari target perusahaan menuju green industry. "Berkelanjutan menjadi menu wajib bagi Mind Id dan anggotanya dalam rangka menerapkan strategi, tujuan bisnis, dan operasi sehari-hari. Kami menjunjung tinggi prinsip berkelanjutan dengan integritas penuh agar memberi manfaat untuk masa depan yang lebih cerah," ucapnya. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat