visitaaponce.com

Masyarakat Kutai Barat Diajak menfaatkan SP4N-LAPOR

Masyarakat Kutai Barat Diajak menfaatkan SP4N-LAPOR!
Program SP4N-LAPOR! belum banyak diketahui oleh masyarakat khususnya di pedesaan.(Ist/Kaltim)

DINAS Komunikasi dan Informatika  (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melakukan sosialisasi sekaligus mengajak masyarakat Kabupaten Kutai Barat untuk memanfaatkan - SP4N-LAPOR! (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional Online Rakyat Lapor) 

“Kami mengajak peserta sosialisasi dan masyarakat untuk memanfaatkan program SP4N Lapori ini, “ kata Sub Koordinator Pengelolaan Informasi Publik Diskominfo Provinsi Kaltim Andi Razak di Kampung Sembuan  Kecamatan Nyuatan, Kabupaten Kutai Barat, Rabu (23/8/2023).

Diakuinya program SP4N-LAPOR! belum banyak diketahui oleh masyarakat khususnya di pedesaan. Oleh karena itu dilakukan secara massif agar masyarakat mengetahui kanal resmi untuk menyampaikan aduan.

Baca juga: Diskonfo Kaltim Sosialisasikan SP4N-LAPOR! hingga ke Pulau Terluar

Andi Razak menyebutkan program SP4N-LAPOR!  memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin melaporkan berbagai macam persoalan layanan publik. “Dengan sistem ini, dapat menerima berbagai pengaduan dari siapa saja, termasuk nama yang dirahasiakan," katanya.

Ia menekankan  bahwa layanan SP4N-LAPOR!  dipastikan ditindaklanjuti dan akan ada pemberitahuan tentang sejauh mana laporan itu diproses oleh Pemerintah, sampai akhirnya ada layanan penilaian tentang puas atau tidaknya pelayanan tersebut.

Menurutnya saat ini informasi merupakan keterbukaan yang wajib diketahui masyarakat luas, karena merujuk pada kesejahteraan. Dia mencontohkan,  kalau seorang petinggi kampung tidak terbuka pada warganya, tidak ada masyarakat yang ikut serta dalam pembangunan.

Dia meminta warga kampung sembuan menyampaikan aspirasi pembangunan, karena dijamin oleh Undang-Undang dan kerahasian pelapor dirahasiakan identitasnya oleh negara."Sampaikan saja unek-unek perkembangan daerah di aplikasi SP4N-Lapor!," harap Andi

Baca juga: Maksimalkan Potensi Hutan Kalimantan, Pertamina NRE dan Pemprov Kaltim Siap Garap Proyek Ekonomi Hijau

Sementara Sekretaris Camat Nyuatan Yudi Suciadi meminta warga kampung bisa mengerti dan memahami terkait SP4N-Lapor! yang disosialisasikan oleh Diskominfo Kaltim.“Informasi sangat penting, banyak informasi yang terkadang belum disaring sudah di share, seharusnya di cek kebenarannya,” katanya.

 "Melalui aplikasi SP4N-Lapor! ini mempermudah masyarakat menyampaikan aduan, baik terkait pembangunan apa saja yang memang bersifat membangun kampung, kecamatan dan lain sebagainya," ujar Yadi.

Pada kesempatan itu  Petinggi Kampung Sembuan Jersinius merasa bersyukur karena SP4N-Lapor! menjadi jembatan penghubung bagi masyarakat.“Program ini sangat bermanfaat bagi warga dalam rangka ikut dalam pembangunan Kampung,” katanya.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat