visitaaponce.com

Harga Beras di Pasar Gedhe Klaten Bertahan Tinggi

Harga Beras di Pasar Gedhe Klaten Bertahan Tinggi
Ilustrasi(MI/Adam)

HARGA beras di Pasar Gedhe Klaten, Jawa Tengah, bertahan tinggi. Sementara, beras stabilisasi pasokan dan harga pasar (SPHP) belum mampu menurunkan harga beras di pasar.

Pantauan Media Indonesia di pasar tradisional tersebut, Selasa (28/11), harga beras medium bertahan Rp14.000 per kilogram dan beras kualitas premium Rp15.000 per kilogram.

"Harga beras masih mahal. Hari ini, saya jual beras medium C4 Rp70.000 per kemasan lima kilogram dan premium Mentik Wangi Rp75.000," kata Arny, pedagang di Pasar Gedhe Klaten.

Baca juga : Naiknya Harga Beras Berkontribusi Picu Inflasi di Cianjur

Hal senada diungkapkan oleh Sunarti, seraya menambahkan harga beras bertahan tinggi karena dari penggilingan beras juga mahal, yakni Rp13.500 per kilogram beras kualitas medium.

"Saya jual beras medium Rp14.000 dan premium Rp15.000 per kilogram, atau hanya ambil untung sebesar Rp500 per kilogram. Tetapi, belum dipotong biaya angkutan dan plastik," katanya.

Baca juga : Jelang Natal, Harga Daging Ayam dan Cabai di NTT Melonjak

Sementara itu, beras SPHP banyak beredar di Pasar Gedhe Klaten. Beras ini dijual oleh pedagang pasar dengan harga rata-rata Rp57.500 dan bahkan ada yang Rp60.000 per kemasan lima kilogram.

Salah satu penjual beras SPHP, Marinem, mengaku menjual beras itu Rp57.500-Rp60.000 per kemasan lima kiloram. Beras ini didapat juga dari teman pedagang seharga Rp55.000-Rp56.000.

Berbeda dengan Sunarti, ia menjual beras SPHP Rp54.000 per pak lima kilogram. Pedagang ini setiap minggu mendapat jatah beras SPHP sebanyak lima kuintal atau 100 pak dari Gudang Bulog Klaten.

"Meski beras SPHP sudah banyak digelontorkan di pasar, harga beras medium dan premium belum juga menunjukkan tren penurunan hingga saat ini," kata pedagang beras di pasar tersebut. (Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat