visitaaponce.com

Gunung Marapi di Sumbar Meletus

Gunung Marapi di Sumbar Meletus
Gunung Marapi mengeluarkan abu vulkanik terlihat dari Talao Mundam, Kabupaten Padangpariaman, Sumatra Barat, Kamis (12/1/2023).(Antara/Iggoy el Fitra.)

GUNUNG Marapi yang terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar), erupsi pada Minggu, (3/12). Data dari Pos Pengamatan Gunungapi Marapi Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG kejadian itu terjadi pada pukul 14.54 WIB.

Petugas Pemantau Gunung Marapi Ahmad Rifandi mengatakan tinggi kolom erupsi tidak teramati. "Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung," ujarnya.

Baca juga: Dubes Palestina Hadiri Aksi Bela Palestina di Kalimantan Selatan

Dia menambahkan, erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini kurang lebih 4 menit 41 detik. "Erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat," katanya.

Laporan sejumlah warga sekitar Bukittinggi, daerah sekitar kaki Gunung Marapi di wilayah Kabupaten Agam, sudah terjadi hujan abu akibat letusan Marapi. "Di Pinang Balirik, hujan abu yang turun lebih mirip pasir," kata Wendy, penggiat bencana.

Baca juga: Atasi Stunting, Sumatra Barat Bagi-Bagi Sembako dan Telur

Saat ini Gunung Marapi berada pada Status Level II Waspada dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Api Marapi dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Api Marapi pada radius 3 km dari kawah/puncak. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat