visitaaponce.com

Festival Film Bulanan 2023 Bangkitkan Ekosistem Perfilman di Pontianak

Festival Film Bulanan 2023 Bangkitkan Ekosistem Perfilman di Pontianak 
Road to Awarding Night dengan memutarkan dua film terpilih Fesbul Lokus 7 di XXI Transmart Kubu Raya, Pontianak, Kalbar.(Ist)

FESTIVAL Film Bulanan (Fesbul) sukses menggelar Road to Awarding Night dengan memutarkan dua film terpilih Fesbul Lokus 7 di XXI Transmart Kubu Raya, Pontianak, baru-baru ini.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Malam Anugerah Fesbul 2023 yang siap diselenggarakan di Grand Ballroom, Jakarta International Expo Convention Centre pada Sabtu (9/12/2023) mendatang.

Malam Anugerah Fesbul 2023 sekaligus sebagai bentuk komitmen Fesbul dalam membuka akses, jaringan serta distribusi bagi karya-karya anak bangsa baik di tingkat nasional maupun internasional.

Baca juga: Setan Alas! Film Indonesia Terbaik di Indonesian Screen Awards JAFF 2023

Road To Awarding Night adalah pemutaran 20 film terpilih Fesbul 2023 yang merupakan nomine pada Malam Anugerah di 10 titik bioskop XXI di seluruh Indonesia yang telah dilaksanakan pada 24-30 November 2023.

Selain di Pontianak, pemutaran film juga diadakan di daerah lainnya seperti Lombok, Yogyakarta, Jambi, Makassar, Padang, Jayapura, Ambon, Jakarta dan Bandung.

Dua film yang diputarkan dalam Road to Awarding Night Pontianak adalah Film Terpilih dari Lokus 7 (Khusus wilayah Kalimantan), yaitu film ‘Titip Sendal’ karya rumah produksi Historia dan ‘Panen’ karya rumah produksi Miopi Pictures.

Dua film tersebut menyita perhatian dari berbagai kalangan masyarakat di Kalimantan Barat (Kalbar), terbukti dengan penuhnya kapasitas kursi Studio 5 XXI Transmart Kubu Raya.

Baca juga: Festival Film Bulanan Gelar Workshop di Ambon

"Acaranya keren banget, harus sering-sering supaya kita jadi tahu karya temen-temen di sini ternyata keren-keren dan enggak kalah kualitasnya dengan film-film lainnya," ungkap Vina, salah satu penonton.

Selain pemutaran film, terdapat juga diskusi dengan sutradara film ‘Titip Sendal’, Riqhi Alvin Sani atau yang kerap disapa Alvin, dan filmmaker Kalbar, Haris Supiandi. 

Pernyataan Sutradara Film 'Titip Sandal' 

Alvin bercerita tentang inspirasi dalam membuat film ‘Titip Sendal’ yang berasal dari pengalaman pribadi. Ia juga berbagi cerita mengenai proses pemilihan tokoh atau peran utama dari film ‘Titip Sandal’, salah satunya dengan mencari yang aktif di lingkungan sosial ataupun masyarakat.

“Kriteria yang saya cari seorang ibu yang ekspresif, dan percaya diri di depan kamera dan mau bereksplorasi di dalam perannya,” ungkap Alvin dalam keterangan pers, Selasa (5/12).

Menurut Alvin, pemilihan pemain dan karakter dalam sebuah film adalah hal krusial. Sementara Haris bercerita bagaimana produktivitas teman-teman filmmaker di Pontianak, salah satunya dengan aktif membuat ruang-ruang pemutaran di berbagai kota. 

Tak hanya pemutaran film dan diskusi, acara Road to Awarding Night Pontianak juga diisi dengan pembagian hadiah bagi penonton yang aktif berdiskusi.

Baca juga: Dua Film Terpilih Festival Film Bulanan Layak Diapresiasi dan Mengagumkan

Dengan diadakannya Road to Awarding Night ini, Festival Film Bulanan ingin mengajak seluruh sineas agar menjadikan film pendek sebagai gerakan untuk menghidupkan ekosistem ekonomi kreatif di daerah masing-masing, salah satunya dengan aktivasi pemutaran film pendek di bioskop nasional. 

Selain sebagai wujud ekshibisi dan promosi yang mempertemukan film dengan para penontonnya, pemutaran film ini bisa menginisiasi filmmaker agar dapat menjadikan film sebagai produk massal dan sumber penghidupan bagi pelakunya.

"Pemutaran film di XXI yang dilakukan Fesbul ini adalah strategi yang baik bagi filmmaker di daerah, dengan begitu standar kita jadi lebih tinggi, kesempatan untuk ke pasar nasional maupun internasional pun semakin terbuka lebar," ungkap Alvin. 

Hal senada disampaikan oleh Haris yang mengapresiasi langkah yang dilakukan Fesbul dengan menayangkan film-film pendek terpilih dari masing-masing lokus.

"Dengan adanya pemutaran ini, apresiasi terhadap sineas daerah semakin tinggi, masyarakat jadi tahu mereka punya talenta hebat, dan saya tidak menyangka antusias penonton akan seramai ini," ucapnya.

"Penonton yang sangat luar biasa, dan saya ucapkan terima kasih juga telah memfasilitasi film terpilih Fesbul, sehingga dapat diputar dan dinikmati di XXI,” tutup Alvin. (S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat