visitaaponce.com

Mal Pelayanan Publik Banjarmasin Mulai Beroperasi

Mal Pelayanan Publik Banjarmasin Mulai Beroperasi
Ilustrasi mal pelayanan publik.(ANTARA/WAHDI SEPTIAWAN)

PEMERINTAH Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai mengoperasikan mal pelayanan publik (MPP) untuk mempermudah akses layanan kepada masyarakat.

Peresmian (soft opening) MPP Baiman Banjarmasin yang terletak di lantai dasar eks bangunan Mitra Plaza ini, dilakukan Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Wakil Walikota, Arifin Noor bersama Forkopimda, Jumat (8/12).

"Dengan beroperasinya mal pelayanan publik ini kita harapkan dapat membantu dan mempermudah masyarakat luas dalam berurusan," tuturnya.

Baca juga: Atap Runtuh, Kantor Imigrasi Cilegon Pindahkan Sementara Layanan ke Mal Pelayanan Publik

MPP Baiman Banjarmasin diisi sebanyak 17 instansi dengan tak kurang 150 jenis layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat. Di antaranya layanan pembuatan surat kependudukan dan catatan sipil, perizinan, layanan unsur kepolisian, Samsat, pengadilan, kementerian agama, BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, serta perbankan.

Keberadaan MPP dinilai sangat penting karena Kota Banjarmasin merupakan kota perdagangan dan jasa utama di Provinsi Kalsel. MPP diharapkan dapat memberikan kecepatan, kemudahan, kenyamanan, keamanan dan daya jangkau yang luas bagi masyarakat.

Baca juga: Pemko Banjarmasin Sulap Mitra Plaza Jadi Mall Pelayanan Publik

Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Kota Banjarmasin, Ari Yani mengatakan pembangunan mal pelayanan publik Baiman merupakan salah satu program prioritas Pemkot Banjarmasin sejak 2019 sesuai instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB).

Di Kalsel saat ini terdapat enam MPP yaitu Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Selatan, Tabalong, Kota Banjarbaru, dan Barito Kuala. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat