visitaaponce.com

Polisi Gagalkan Peredaran 4 Kg Sabu untuk Malam Tahun Baru di Pangkalpinang

Polisi Gagalkan Peredaran 4 Kg Sabu untuk Malam Tahun Baru di Pangkalpinang
Ilustrasi(Dok MI)

PIHAK Kepolisian resot kota (Polresta) Pangkalpinang berhasil menggagalkan peredaran 4 kg narkotika jenis sabu untuk malam Tahun Baru 2024. Kapolresta Pangkalpinang Kombes Gatot Yulianto mengatakan narkotika Sabu 4 Kilogram tersebut di bawa oleh Edi Jahri, 28, dari Aceh.

"Ya memang benar satnarkoba kita bersama Bea cukai berhasil mengamankan barang bukti sabu 4 kg dari Edi. Sabu ini dibawa dari Aceh,"kata Gatot dalam konfrensi pers. Selasa (12/12).

Ia menyebutkan pelaku yang merupakan kurir ini disergap anggota saat turun dari kapal di Pelabuhan Tanjung Kalian Mentok,Bangka Barat, Minggu (10/12) lalu

Baca juga : Polres Cimahi Tingkatkan Operasi Antinarkoba Jelang Natal dan Tahun Baru

Pelaku lanjut Kapolres ditangkap sekitar pukul 19.00 WIB dan langsung ke kontrakannya di Jalan Depati Hamzah, Air Itam. "Saat penggeledahan di rumahnya kita temukan 4.058 gram narkotika di duga sabu di dalam 4 bungkus plastik," ujarnya.

Menurut Kapolres dalam pengakuanya. Pelaku mengaku baru dua kali menjadi kurir narkoba lintas provinsi, dengan upah bervariasi. 

Baca juga : Satpol PP Tutup Kafe Club Kode Jakarta karena Temuan Narkoba dan Minol

"Pertama itu, Juli 1 kg, upahnya Rp15 juta,  dan kedua bulan ini rencananya diupah Rp20 juta perkilo, total ada 4 kg jadi Rp80 juta, yang kedua ini belum dibayar karena keburu ditangkap," imbuhnya.

Ia juga mengaku lanjutnya Sabu berasal dari Malaysia kemudian ke Aceh, nah dia ambil di Aceh.

"Sabu 4 kg dengan nilai kurang lebih Rp4 miliar ini menurut pengakuanya akan di edarkan dimalam tahun baru di kota Pangkalpinang, kami menyelamatkan 20 ribu jiwa dari ketergantungan narkoba, jika diasumsikan 1 gram bisa digunakan untuk 5 orang," tuturnya

Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 114 ayat (2) atau pasal 112 ayat (2) UU RI nomor 35 tahun 2019 tentang narkotika dengan pidana penjara paling singkat 6 tahun ,paling lama 20 tahun dan atau dipidana seumur hidup atau mati. (Z-4)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat