visitaaponce.com

Siap Magang ke Luar Negeri, Kementan Bekali Petani Muda dengan Bahasa Asing

Siap Magang ke Luar Negeri, Kementan Bekali Petani Muda dengan Bahasa Asing
SMK-PP Banjabaru menggelar pelatihan bahasa asing yang diikuti 28 petani milenial dari Kalsel untuk magang di Taiwan.(Ist)

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) optimistis bisa mencetak pemuda petani yang kompeten melalui pemagangan luar negeri.

Para petani muda akan memperdalam dan memperkuat keterampilan serta kompetensi dengan memetik pengalaman bekerja dan belajar dikeluarga petani saat ini ke perusahaan pertanian.

Kegiatan permagangan merupakan salah satu program unggulan dari Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS).

Baca juga: Pembibitan Semi Modern. Kementan Tingkatkan Kapasitas Petani Muda Kalsel

Program YESS secara komprehensif mempersiapkan peserta untuk mengikuti kegiatan magang luar negeri dan alah satu negara tujuannya adalah Taiwan.

Berbagai tahapan dilalui untuk menyiapkan peserta pemagangan yang adaptif dan unggul diantaranya pelatihan bahasa dan pemahaman budaya negara Taiwan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi menyampaikan bahwa peserta pemagangan merupakan semua duta bangsa Indonesia yang mendapatkan tugas dan kehormatan untuk melaksanakan magang di negara Taiwan. 

Atas nama bangsa Indonesia, mereka melaksanakan tugas negara yang sangat mulia magang untuk menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi vokasi pertanian yang nanti dibawa ke negara Indonesia untuk dipraktikkan. 

Baca juga: Pemkab Tasikmalaya Targetkan Lahirkan 6.000 Petani Milenial

"Kalian harus menjadi petani milenial yang akan membawa Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045”, pesan Dedi.

Sekolah Menengah Kejuruan – Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Banjarbaru sebagai Provincial Project Implementation Unit (PPIU) di Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam Program YESS,.

SMK-PP menggelar sosialisasi pelaksanaan kegiatan pelatihan pra keberangkatan magang di luar negeri [Pre-departure Training Overseas apprenticeship] dalam hal ini ke Taiwan, yang di gelar di Kampus SMK-PP N Banjarbaru, Selasa [12/12),

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi, Kementan Kirim Petani Millenial Magang ke Luar Negeri

Kegiatan ini dihadiri 28 orang penerima manfaat Program YESD dari wilayah Kabupaten Banjar, Tanah Laut, Tanah Bumbu, dan Hulu Sungai Selatan..

Adapun rincian dari 28 orang tersebut terdiri dari 20 orang peserta calon peserta magang yang juga peserta pelatihan bahasa Taiwan dan untuk delapan orang merupakan calon peserta untuk batch II.

Kegiatan ini sendiri peserta diberikan materi dari tiga narasumber di antaranya Inneke Kusumawaty selaku Project Manager Program YESS, Sidi Asmono dari KTNA Nasional, Kuo Tsao Kai dari TETO Taiwan, kemudaian ada juga dari Komponen 1 NPMU.

Sementara itu, Deputi Bidang Teknis PPIU Kalsel, Airin Nurmarita menjelaskan bahwa peserta pelatihan bahasa Taiwan dan calon peserta magang di Taiwan ini di antaranya adalah alumni dari SMK-PP Negeri Banjarbaru, dan sebagian adalah pemuda dari 4 wilayah Program YESS di Kalsel. (RO/S-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat