visitaaponce.com

Grup MindId PT Timah Tbk Gandeng Pelajar Jadi Agen Pencegahan Stunting

Grup Mind Id PT Timah Tbk Gandeng Pelajar Jadi Agen Pencegahan Stunting
Dalam program Kemunting, PT Timah Tbk menggandeng pelajar untuk jadi agen perubahan dalam mencegah stunting.(Ist)

BUMN Holding Industri Pertambangan Mind Id melalui salah satu anggotanya, PT Timah Tbk, memiliki Program Kegiatan Menurunkan Stunting (Kemunting) yang dilaksanakan di Wisma Sriwijaya Unit Metalurgi Mentok, Bangka Barat, Bangka Belitung, baru-baru ini, 

Dalam program ini, PT Timah Tbk menggandeng pelajar untuk jadi agen perubahan dalam mencegah stunting.

“Memelihara kesehatan masyarakat di sekitar tambang merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Grup Mind Id, sehingga kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar tambang,” kata Sekretaris Perusahaan Mind Id, Heri Yusuf dalam keterangan pers, Jumat (15/12).

Baca juga: Melaui Program PUMK Grup Mind Id, Pengusaha Ayam Telur Ini Tuai Sukses 

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Barat Muhamad Syafe’i Rangkuti yang saat itu hadir berharap para pelajar menjadi agen perubahan dalam menanggulangi stunting. Program ini dinilai positif, terlebih peserta sosialisasinya adalah anak sekolah yang masih steril dan bersih untuk bisa menjadi agen perubahan untuk masyarakat lainnya.

Melalui program ini, diharapkan dapat menekan angka stuting di Kabupaten Bangka Barat. Hal itu dilakukan melalui upaya edukasi tentang stunting kepada masyarakat di lingkungan mereka.

Kegiatan ini juga diapresiasi Camat Mentok Sukandi. Pasalnya, di Kecamatan Mentok ada beberapa anak-anak yang terdeteksi mengalami stunting.

Baca juga: Mind Id Lestarikan Budaya Lokal melalui Perlombaan Jong Sampan

Sementara itu, para peserta mengatakan telah mendapat banyak manfaat dari program ini. Salah satu pelajar SMK di Muntok, Aldian menyampaikan, Program Kemunting PT Timah Tbk membuatnya mendapatkan edukasi baru tentang stunting.

Tak hanya tentang pengertian stunting, ia dan teman-temannya juga diedukasi tentang risiko stunting. Salah satu risikonya adalah stunting sangat berpengaruh menuju Indonesia EMAS 2045.

Baca juga: Rangkul Kaum Adat untuk Atas Stunting

Hal serupa juga dirasakan peserta lainnya, Novelika. Ia mengatakan dengan sosialisasi kemunting dari PT Timah Tbk membuatnya lebih mengetahui bahwa ternyata pernikahan dini menjadi salah satu penyebab lahirnya anak-anak stunting. Dengan demikian, program ini juga sekaligus memberikan penjelasan risiko pernikahan dini.

Sementara itu, Program Kemunting kali ini tak hanya menghadirkan Kepala Dinas Bangka Barat. PT Timah Tbk juga turut mengundang Dokter Kandungan Konsultan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi dr Nazif dan Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI). (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat