visitaaponce.com

Nilai Kerugian Negara Akibat Penyelundupan Benih Lobster Capai Rp30 Triliun per Tahun

Nilai Kerugian Negara Akibat Penyelundupan Benih Lobster Capai Rp30 Triliun per Tahun
Kerugian negara akibat akibat penyelundupan benih bening lobster (BBL) per tahun mencapai Rp3 triliun hingga Rp30 triliun.(MI/Heri)

DIREKTUR Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin, menyebut kerugian negara akibat penyelundupan benih bening lobster (BBL) per tahun mencapai Rp3 triliun hingga Rp30 triliun.

Guna mencegah itu, diperlukan keterlibatan sejumlah instansi. Seperti dilakukan Operasi Bersama Pengawasan dan Penindakan Penyelundupan BBL 1-30 Desember 2023, yang melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bea Cukai, Perhubungan Laut dan Udara, TNI Angkatan Laut, Bakamla, Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan, Angkasa Pura, Otoritas Bandara hingga Avsec.

"Selama ini operasi penggagalan penyelundupan BBL sudah dilakukan secara parsial," kata Adin saat apel operasi bersama di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Juanda Kabupaten Sidoarjo, Jumat (15/12).

Baca juga: KKP Gelar Operasi Bersama Pengawasan Penyelundupan BBL di Bandara Internasional Juanda

Selama operasi tahun 2023 ini sudah lebih dari 1,6 juta BBL diselamatkan dari penyelundupan ilegal. Nilai BBL yang berhasil diselamatkan itu mencapai Rp650 miliar. BBL tersebut sebagian besar diselundupkan ke Vietnam, baik itu melalui Singapura ataupun Malaysia.

Kebutuhan BBL di Vietnam memang sangat tinggi. Demand atau kebutuhan lobster di negara tersebut dalam satu tahun mencapai 600 juta benih.

Baca juga: KKP Awasi Potensi Penyelundupan Benih Lobster di Bandara Ngurah Rai

"Jadi bayangkan apabila margin per benih lobster itu Rp5 ribu, berarti ada potensi kerugian negara sekitar Rp3 triliun dalam satu tahun. Dan apabila marginnya Rp50 ribu, potensi kerugian negara Rp30 triliun," kata Adin.

Di Bandara Juanda sendiri sudah dilakukan penggagalan upaya penyelundupan BBL sebanyak empat kali di tahun 2023. Jumlah BBL yang berhasil diselamatkan itu sekitar 400 ribuan benih. 
Salah satu titik yang harus mendapatkan pengawasan ketat adalah regulated agent. Regulated agent tersebut selama ini menjadi kepanjangan tangan pihak otoritas bandara. Tugas regulated agent adalah memeriksa semua barang yang akan dibawa pesawat terbang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat