visitaaponce.com

Hadapi Nataru Perbaikan Trans Kalimantan Ditargetkan Tuntas

Hadapi Nataru Perbaikan Trans Kalimantan Ditargetkan Tuntas
Jalan provinsi ruas Lumpangi-Batulicin di Kalsel. (MI/Denny Susanto)

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan perbaikan kondisi kerusakan sejumlah ruas jalan Trans Kalimantan selesai menjelang natal dan tahun baru (Nataru) 2024. Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel bersama tim terpadu lakukan monitoring kondisi lalu lintas jalan.

"Secara umum kondisi jalan trans kalimantan di wilayah Kalsel dalam kondisi baik dan aman menghadapi libur natal dan tahun baru. Beberapa titik pembangunan dan perbaikan kita pastikan selesai sebelum natal," ungkap Ihda Wardati, Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Kalsel, Selasa (19/12).

Berdasarkan survey monitoring lalu lintas jalan yang dilaksanakan tim terpadu terdiri dari BPTD Kelas II Kalsel, Dishub, Polda, Jasa Raharja, BPJN, PUPR, dan instansi terkait lainnya, diketahui sejumlah ruas jalan trans kalimantan masih dalam perbaikan. "Untuk arah utara atau Kota Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (arah Loksado) terdapat jembatan sedang dalam proses pembangunan dan beberapa titik dalam pembangunan untuk mengatasi longsor. Ini dipastikan selesai sebelum libur natal dan tahun baru," ujarnya.

Baca juga: Pemprov Kalsel Bagikan 18 Perahu untuk Atasi Sampah di Sungai Martapura

Kemudian trans kalimantan arah selatan Kabupaten Tanah Laut beberapa titik diperlukan Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) dan Penerangan Jalan Umum. Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Fitri Hariadi mengatakan keselamatan transportasi menjadi perhatian utama di mana jalan-jalan di Kalsel saat ini baru memiliki sarana dan prasarana
keselamatan berupa penerangan (PJU) dan marka jalan baru 17%-20%.

Berdasarkan data Dinas PUPR Kalsel sedikitnya 180 kilometer (20%) dari 927 kilometer total panjang ruas jalan berstatus Jalan Provinsi mengalami kerusakan ringan hingga berat. Sementara jalan nasional Trans Kalimantan di sejumlah kabupaten masih ada mengalami kerusakan, namun lebih 90% dalam kondisi mantab.

Baca juga: Wisata Minat Khusus Alam Liar Pulau Curiak di Geopark Meratus Terus Berkembang

Pada bagian lain guna melayani transportasi masyarakat antar kabupaten, sudah beroperasi armada bus Damri yang melayani rute Banjarmasin hingga ke daerah paling ujung seperti Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan serta Batulicin, Tanah Bumbu. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat