visitaaponce.com

Jalanan di Kalimantan Selatan Rawan Kecelakaan

Jalanan di Kalimantan Selatan Rawan Kecelakaan
Kerusakan jalan trans kalimantan di Km 171 Satui Kabupaten Tanah Bumbu(MI/Denny)

JALANAN di Provinsi Kalimantan Selatan rawan kecelakaan akibat kondisi kerusakan jalan dan minimnya sarana dan prasarana keselamatan jalan. Setiap tahun ratusan warga meninggal akibat kecelakaan lalu lintas.

"Jalan di wilayah Provinsi Kalsel baik jalan nasional maupun jalan provinsi masih banyak yang rusak dan perlu perbaikan segera. Terutama minimnya sarana dan prasarana keselamatan," tutur Kepala Dinas Perhubungan Kalsel, Fitri Hernadi, Minggu (20/8).

Dikatakan Fitri, kondisi kerusakan infrastruktur jalan ini menjadi sorotan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. Gubernur meminta kerusakan jalan dan jembatan tersebut untuk segera diperbaiki karena berpengaruh pada aktivitas transportasi dan ekonomi di daerah. "Keselamatan transportasi juga jadi perhatian dimana jalan-jalan di Kalsel saat ini baru memiliki sarana dan prasarana keselamatan berupa penerangan (PJU) dan marka jalan baru 17%-20%," kata Fitri.

Baca juga: Kalsel Bangun Pusat Konservasi Tanaman Langka Ulin

Berdasarkan data Dinas PUPR Kalsel sedikitnya 180 kilometer (20%) dari 927 kilometer total panjang ruas jalan berstatus Jalan Provinsi mengalami kerusakan ringan hingga berat. "Saat ini 70%-80% jalan provinsi dalam kondisi mantab dan masih ada 10%-20% dalam kondisi rusak ringan hingga berat," ungkap Kepala Seksi Jalan, Dinas PUPR Provinsi Kalsel, Wahid.

Demikian juga dengan jalan nasional Trans Kalimantan di sejumlah kabupaten mengalami kerusakan. Dikatakan Wahid kerusakan jalan baik jalan provinsi maupun jalan nasional ini berdampak pada kelancaran arus transportasi, seperti kerusakan jalan Trans Kalimantan km 171 Satui, Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah satu tahun mengalami kerusakan karena longsor dampak aktivitas tambang batu bara.

Baca juga: Lima Ribu Pesepeda Ikuti Jhonlin Ride 2023 di Kalimantan Selatan

Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel mencatat jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Kalsel pada 2022 meningkat menjadi 911 kasus, dibandingkan tahun sebelumnya 681 kasus. Jumlah korban meninggal dunia akibat laka lantas pada 2022 sebanyak 403 orang. Sedangkan tahun 2021 sebanyak 353 orang. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat