visitaaponce.com

Ribuan Rumah di Rokan Hulu Terdampak Banjir

Ribuan Rumah di Rokan Hulu Terdampak Banjir
Warga melintasi banjir yang menggenangi Kota Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Riau, Selasa (26/11/2019).(ANTARA)

SEDIKITNYA 2.644 rumah di enam kecamatan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, terendam banjir akibat tingginya curah hujan dan meluapnya daerah aliran sungai (DAS) Rokan, Sungai Batang Lubuh, dan Sungai Batang Sosa. Ketinggian air banjir diperkirakan mencapai 50 centimeter hingga lebih dari 2 meter.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul Zuljandri Rosa mengatakan sebanyak enam kecamatan dan puluhan desa yang terdampak banjir yaitu Rambah, Rambah Hilir, Tambusai, Rokan IV Koto, Bonai Darussalam, dan Kunto Darussalam.

"Kami sudah menyiapkan tim evakuasi yang bekerja sama dengan TNI dan Polri. Jadi apabila warga ingin dievakuasi, kami telah mendirikan tenda pengungsian untuk warga," kata Zuljandri, Kamis (28/12).

Baca juga: Basarnas Siaga Penuh Bencana Hidrometeorologi di Masa Nataru

Ia menjelaskan, kondisi banjir telah berlangsung selama beberapa hari terakhir. Sejauh ini, pihaknya telah meminta warga agar segera mengungsi ke daerah yang lebih tinggi, menyelamatkan barang berharga, dan waspada akan banjir susulan.

"Tim gabungan akan terus berjaga di lokasi hingga banjir surut," ujarnya.

Baca juga: Banjir Melanda Sembilan Kecamatan di Aceh Utara, Satu Tewas

Ia mengungkapkan, pihaknya terus mengimbau dan memberi peringatan kepada masyarakat untuk bersiaga dan waspada terhadap banjir akibat tingginya curah hujan. Terlebih bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir.

"Kami sudah bersiap siaga menghadapi banjir terutama di wilayah yang rawan banjir," pungkasnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat