visitaaponce.com

Arus Balik Nataru, Warga Diimbau Geser Waktu Pulang

Arus Balik Nataru, Warga Diimbau Geser Waktu Pulang
Kendaraan melintas di ruas tol Jombang-Mojokerto (Jomo) Desa Kedungmlati, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Sabtu (30/12).(Antara/Syaiful Arif.)

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau masyarakat agar menggeser perjalanan waktu pulang saat arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Pengguna jalan diminta menghindari pulang bersamaan di Senin dan Selasa, 1 dan 2 Januari 2024. Hal ini untuk menghindari kepadatan lalu lintas (lalin).

"Diimbau agar pengguna jalan menggeser waktu perjalanan dengan pilihan di Rabu, 3 Januari 2024," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana dalam keterangan resmi, Senin (1/1).

Ia menjelaskan mayoritas kendaraan yang kembali ke Jabotabek diprediksi berasal dari arah timur atau dari arah Trans Jawa dan Bandung yang mencapai 140 ribu kendaraan. "Jumlah ini naik 28% dari puncak arus mudik di periode yang sama tahun lalu," kata Lisye.

Baca juga: Arus Balik Nataru, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Hingga H-1 Tahun Baru 2024 atau Minggu, 31 Desember 2023, tercatat 125.828 kendaraan kembali ke wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi (Jabotabek). Jumlah tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) barrier atau utama yakni GT Cikupa dari arah Merak, GT Ciawi dari arah Puncak, GT Cikampek Utama dari arah Trans Jawa, dan GT Kalihurip Utama dari arah Bandung.

"Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu jelang Tahun Baru 2023, total volume lalin ini meningkat 9,26%," imbuh Lisye. Ia menuturkan untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek, mayoritas kendaraan menuju arah Trans Jawa dan Bandung dengan 67.499 kendaraan. Lalu, 32.659 kendaraan dari arah barat atau Merak dan 25.670 kendaraan dari arah selatan atau Puncak.

Baca juga: Tol di Regional Nusantara Alami Peningkatan Volume Jelang Tahun Baru 2024

Lisye menambahkan untuk mengurai kepadatan saat arus balik, diberlakukan kebijakan potongan tarif tol di Jalan Tol Trans Jawa khusus di 3 Januari 2024. Pengguna jalan dapat memanfaatkan potongan tarif tol sebesar 10% yang berlaku di Tol Trans Jawa untuk perjalanan menerus arus balik dari Semarang menuju Jakarta dari GT Kalikangkung menuju GT Cikampek Utama. Untuk jam pemberlakuan potongan tarif yaitu mulai pukul 00.00 hingga 24.00 WIB atau berlaku 24 jam serta diberlakukan untuk semua golongan kendaraan. (Z-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat