visitaaponce.com

Tinjau Lokasi Banjir, Kapolres Siak Turun Langsung Evakuasi Warga

Tinjau Lokasi Banjir, Kapolres Siak Turun Langsung Evakuasi Warga
Kapolres Siak (kanan) didampingi Dandim 0322 Siak (kiri) membantu mengevakuasi anak-anak korban banjir di Kecamatan Sei Mandau, Siak, Riau.(Ist)

CURAH hujan yang cukup tinggi beberapa hari ini mengakibatkan bencana banjir di beberapa lokasi wilayah Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak.

Menyikapi hal ini, Kapolres Siak AKBP Asep Sujarwadi SIK MSI bertindak responsif dengan meninjau lokasi banjir di Kampung Muara Bungkal dan Muara Kelantan, Kecamatan Sei Mandau, Siak, Selasa (2/1).

Baca juga: Riau Tetapkan Status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi

Dalam peninjauan lokasi banjir ini, Kapolres Siak didampingi Dandim 0322 Siak, Sekda Kabupaten Siak, pejabat daerah Pemkab Siak lainnya, dan beberapa pejabat utama Polres Siak.

Asep mengatakan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian pihak kepolisian dan Pemkab Siak kepada masyarakat yang terdampak banjir.

"Bencana banjir yang melanda beberapa titik lokasi di Kabupaten Siak ini jadi atensi Polres Siak dan Pemkab Siak. Kami selalu bersinergi dengan TNI memberikan bantuan dalam bentuk apapun kepada masyarakat terdampak banjir," kata Asep dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/1).

Kapolres Siak dan beberapa pejabat Pemkab Siak terlihat turun langsung mengevakuasi warga dengan perahu karet milik Pol Airud. Satu per satu warga dievakuasi menuju tenda darurat milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Kami juga memberikan atensi dan perintahkan langsung personel Polres Siak untuk selalu siap siaga menghadapi bencana banjir. Mengutamakan keselamatan masyarakat itu paling utama," kata Asep.

Baca juga: Intensitas Hujan Tinggi, Sejumlah Wilayah di Dharmasraya Terendam Banjir

Sebagai informasi, lokasi kampung yang terkepung banjir menempuh jarak sekitar 1,5 jam perjalanan darat, dan dilanjutkan menaiki perahu karet menuju lokasi banjir sekitar 1,5 kilometer.

Untuk mengevakuasi warga terdampak banjir, dibutuhkan jarak sekitar 1,5-2,5 kilometer ke tempat lebih aman dengan menggunakan perahu karet milik Pol Airud.

Di sela kegiatan evakuasi, Kapolres Siak turut memberikan penyuluhan singkat kepada masyarakat tentang peduli Pemilu damai 2024. Ini dinilai perlu demi terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Asep juga menyampaikan jelang pesta demokrasi, masyarakat harus bijak menyikapinya, tidak mudah percaya isu-isu dan berita hoaks di media sosial yang belum tentu kebenarannya.

"Meski dalam suasana banjir, kami tidak pernah bosan menyampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat di Kabupaten Siak, agar tidak mudah terpancing dengan isu atau berita hoaks. Kami pun berharap warga menggunakan hak pilih secara bijak dan tidak golput," pungkas Kapolres Siak.

Kegiatan berlangsung hingga petang hari serta ditutup dengan pemberian bantuan sembako berupa beras, telur, mie instan, dan lain-lain kepada masyarakat terdampak banjir. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat