visitaaponce.com

Tahun Ini BPBD Palangka Raya Utamakan Mitigasi Bencana Banjir

Tahun Ini BPBD Palangka Raya Utamakan Mitigasi Bencana Banjir
Sejumlah warga menerobos banjir yang merendam di kawasan Jalan Anoi, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (17/11/2022).(ANTARA/MAKNA ZAEZAR)

PROGRAM utama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Tahun 2024  adalah mengoptimalkan mitigasi bencana banjir dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

"Banjir dan karhutla adalah dua bencana yang paling sering terjadi di Kota Palangka Raya," kata Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Hendrikus Satria Budi, Kamis (4/1).

Kedua bencana ini tidak hanya merugikan secara materiil, tetapi juga berdampak pada kesehatan dan lingkungan. Oleh karena itu, kami akan meningkatkan upaya pencegahan, kesiapsiagaan, dan penanggulangan bencana banjir dan karhutla, katanya.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya Pastikan Bisa Kendalikan Inflasi

Dikatakannya, salah satu langkah yang akan dilakukan oleh BPBD adalah memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang cara menghadapi dan mengurangi risiko bencana. Masyarakat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengantisipasi bencana, baik sebelum, saat, maupun sesudah terjadi.

"Kami akan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti pemerintah daerah, instansi vertikal, organisasi kemasyarakatan, media massa, dan akademisi untuk menyampaikan informasi dan edukasi tentang bencana," ujarnya.

Baca juga: Puskesmas di Palangka Raya Diminta Lakukan Edukasi Pencegahan DBD

Ditambahkannya, BPBD juga akan melibatkan masyarakat dalam kegiatan simulasi, dan latihan penanganan bencana, agar masyarakat lebih siap dan tanggap.

Hendrikus berharap, dengan adanya langkah-langkah antisipasi bencana yang dilakukan masyarakat dapat terhindar dari dampak buruk bencana. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat